PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK IQOS DI INDONESIA DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka perokok tertinggi di dunia. Kebiasaan merokok di Indonesia sudah mengakar kuat dalam budaya masyarakat, meskipun telah ada berbagai upaya untuk menekan jumlah perokok melalui berbagai kebijakan kesehatan, khususnya di kalangan pria. Jenis rokok semakin beragam karena adanya perubahan preferensi konsumen rokok. Salah satu jenis rokok yang mengalami peningkatan signifikan adalah produk tembakau yang dipanaskan, salah satunya adalah IQOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen terhadap produk IQOS di Indonesia, dengan Minat Beli sebagai Variabel Mediasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak secara online. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan perangkat lunak Lisrel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli, citra merek berpengaruh terhadap minat beli, minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian, minat beli tidak memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dan minat beli memediasi pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.
References
Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 25-31.
Amalina, F. N., Apriliani, M. P., Putri, T. N., Masruroh, U., & Anwar, R. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju “Klambiku.Kids” di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 75-85.
Anggraeni, P. (2019). Studi deskriptif pengguna rokok elektrik di kecamatan tanjung priok. Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal, 4(2), 30-36.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.
Aprelyani, S., Ali, H., & Hadita, H. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Minat Beli Produk Skincare Somethinc Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Shopee pada Generasi Z. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 2(3), 163-173.
Arista, D. E., & Astuti, S. R. T. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Desain Produk, dan Citra Merek terhadap Selera Konsumen. Jurnal Ilmiah Riset, 13(1), 37–45.
Asiah, R. B., & Manap, A. (2024). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-Commerce S hopee. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 6753-6766.
Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169–1176.
Azahra, F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678–691.
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Konsumsi Rokok di Indonesia. Badan Pusat Statistik.
Chaerunnisa, T. U. A., Aliyudin, Y., Yulianto, A., & Riono, S. B. (2023). Analisis Pengaruh Harga Produk, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Sabun Lifebuoy di Minimarket Sari Mulya Kaligangsa. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 29–42.
Chyung, S. Y., Roberts, K., Swanson, I., & Hankinson, A. (2020). Evidence-based survey design: The use of continuous rating scales. Performance Improvement Quarterly, 33.
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200-218.
Euromonitor International. (2021). Vape and Heated Tobacco Products in Indonesia. Diakses dari: https://www.euromonitor.com/
Fatricia, S. L., Anggriani, I., & Indriasari, N. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Make Over. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(4), 1431–1439.
Fatya, A. C., Ramadhanti, D. U., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “Skintific.” SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(1), 265–282.
Fauziah, D., Ali, H., Haymans Manurung, A., & Author, C. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Siber Multi Disiplin, 1(4), 159–172.
Fauziah, Y., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 48–64.
Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1-13.
Geraldine, Y. M., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(1), 71–82.
Hair, J. F., J. J. Risher, M. Sarstedt, & C. M. Ringle. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31, 24.
Hair, J. F., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2022). Multivariate Data Analysis. Cengage Learning.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
Herlinah, E., Pratama, W., & Lestari, Y. (2024). Survey Penggunaan Rokok Elektrik. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 72–76.
Hidayat, T., & Faramitha, N. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Smartphone Samsung di Neo Komunika). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 1–7.
Ikbal, A. M., Hasbiah, S., Ruma, Z., Musa, C. I., & Haeruddin, M. I. W. (2023). Pengaruh kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 76-92.
Indonesian Tobacco Control Network. (2019). Survei 2019 Mengenai Preferensi Konsumen Rokok Cengkeh di Indonesia. Indonesian Tobacco Control Network.
International Tobacco Control Project. (2022). Laporan Tahun 2022 Mengenai Peralihan Konsumsi dari Rokok ke Produk Bebas Asap di Kalangan Konsumen Indonesia. Indonesian Tobacco Control Network.
Kairupan, B. B., Tawas, H. N., & Dotulong, L. O. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Pemediasi (Studi Pada Showroom Sumber Karunia Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 12(4), 434-447.
Lahagu, D. B. H., Ndruru, L., & Karim, A. (2024). Pengaruh Iklan,Citra Merek,dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Online Pada PT Ramayana Teladan Cabang Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2008), 1–21.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso. id di marketplace shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753-765.
Malone, R. E. (2020). The tobacco industry, 2020: a snapshot. Tobacco Control, 29(e1), e1-e3.
Masruroh, B., & Rafikasari, E. F. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran, Sertifikasi, dan Bahan Baku Halal terhadap Minat Beli Produk Halal: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 868–884.
Muhdir, M., Sanusi, S., Fatwa, R., & Ridwan, R. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada Industri Jambu Mete di Kabupaten Muna. Management & Accounting Expose, 6(2), 35–41.
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47.
Nabila, J., & Azijah, N. (2024). Pengaruh Brand Image dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening: Studi pada Followers Akun TikTok @Skintific_id. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1594–1608.
Novita, M. M, Astuti, I. Y., & Mahaputra, A. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Sharp di Toko UFO Elektronika Kediri. Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(8).
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.
Nursal, M. F., Rianto, M. R., Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada jasa transportasi online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 1(3), 111-118.
Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484.
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660-669.
Pranata, C. F., & Rini, Y. P. (2024). Pengaruh Harga, Citra Merk dan Kalitas Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Membeli Produk Iphone Pada Konsumen di Kelurahan Koang Jaya Kota Tangerang Pada PT Apple Inc. Emabi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–7.
Prayogo, A., Fauzi, A., Sapto Bagaskoro, D., Aditya Alamsyah, F., Tonda, F., Kamil Hafidzi, M., Hanif Fatturrohman, M. R., & Wijaya, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 754–763.
Raga, H. E., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Kuliner Tegal Dadong. Values, 2, 512–520.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651-1667.
Ramadhina, A., & Mugiono, M. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(1), 59-67.
Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh harga, iklan dan citra merek terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 515-526.
Sahabuddin, R., Arif Maulana, H., Manai, S., Suryani, D., & Sabirin, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Wizzmie Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 4(2), 230–237.
Sanana, A., W, M. E., & Istanti, E. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Electronic Word of Mouth (eWOM), dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Pucelle pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. Benchmark, 2(1), 11–24.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.
Sholichah, A., & Budiarti, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Produk Kecantikan Emina. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(8).
uliana, N., & Pamikatsih, T. R. (2023, May). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Iphone Di Solo Raya. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK).
Zuhad, M. D., & Yoestini, Y. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(5).