PENERAPAN THEORY U DALAM UPAYA MERANCANG KEMASAN PENGIRIMAN SEPEDA MOTOR DI PT POS INDONESIA

  • Tulus Martua Sihombing Teknik Industri Universitas Widyatama
  • Iryanti Adriant Program Studi Manajemen Logistik, Fakultas Logistik Teknologi dan Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI)
  • Abdul Hakeem Alfaridzi Dharma Kesuma Program Studi Manajemen Logistik, Fakultas Logistik Teknologi dan Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI)
Keywords: Theory U, Merancang Kemasan Pengiriman Sepeda Motor, PT POS Indonesia

Abstract

Proses pengiriman sepeda motor di PT. POS Indonesia sering mengalami kerusakan akibat penanganan yang buruk dan kekurangan keamanan. Hasil wawancara dengan pelanggan menunjukkan kebutuhan akan solusi inovatif untuk melindungi sepeda motor dari kerusakan selama pengiriman. Dengan menggunakan Theory U, dilakukan analisis terhadap kendala yang dihadapi, termasuk kemasan yang tidak memadai dan variasi standar pengemasan. Sebagai solusi, PT Pos Indonesia mengembangkan pelindung tambahan menggunakan busa EVA setebal 10mm, yang berhasil mengurangi dampak benturan pada sepeda motor saat pengiriman. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kemasan yang efektif untuk meningkatkan kualitas layanan pengiriman sepeda motor.

References

Ambarwati, D. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Desain Kemasan, Kualitas Rasa dan Merk Dagang pada Produk Makanan Minuman Kota Kediri. Jmk, 1(3), 206–222.

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Immawati, S. A., & Rosyid, R. (2018). The Product Packaging Design And Advertisement Attraction On Brand Awareness And Its Impact On Repurchasing Teh Botol Sosro Among Young Children At Tangerang City. IJEBD International Journal Of Entrepreneurship And Business Development EISSN 2597-4785 PISSN 2597-4750, 2(1), 145–159. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/ijebd/article/view/691

Kotler, P. (1996). Manajemen Pemasaran : Maketing Management 9e. PT. Prenhallindo.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Pemasaran Jasa (Jilid 2). Elangga.

Mansur P. Siregar, D. (2017). Edisi Cetak Jurnal Dinamis , Juni 2017 ( ISSN : 0216-7492 ) Edisi Cetak Jurnal Dinamis , Juni 2017 ( ISSN : 0216-7492 ). 2, 36–46.

Masayu Endang Apriyanti. (2018). PENTINGNYA KEMASAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK PERUSAHAAN. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Mohebbi, B. (2014). The art of packaging: An investigation into the role of color in packaging, marketing, and branding. International Journal of Organizational Leadership, 3(2), 92–102. https://doi.org/10.33844/ijol.2014.60248

Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Nurlina, I., Astuti, S. P., & Wiyono, A. S. (2020). Expedition Service Product Development Strategy with Quality Function Deployment Method. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 18(2), 171. https://doi.org/10.17933/bpostel.2020.180207

Prihaningrum, V. B., & Ciptandi, D. F. (2019). Processing of Footwear Industrial Waste EVA (Ethylene Vinyl Acetate) Sponge into Fashion Accessories Product Application. E-Prociding of Art and Design, 6(2), 2119–2134.

Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfactio. PT. Gramedia Pusaka Tama.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Scharmer, O. (2009). Theory U (First Edit). Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Serrat, O. (2017). Knowledge Solutions (1st ed.). Springer Singapore. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-10-0983-9

Sihombing, T. M. (2020). ANALISIS SIMULASI PERANCANGAN SISTEM PROSES BISNIS. 6(Juli), 125–132.

Sihombing, T. M., Fernanda, R. S., & Adriant, I. (2023). PERENCANAAN PEMILIHAN BAHAN KEMASAN SEKUDER TABUNG OKSIGEN 1M3 PT. INDAH LOGISTIK CARGO CABANG CIKARANG. 1(1), 82–92.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1st ed.). Alfabeta.

Suroyo. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LOGISTIK PADA KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Zeithaml, V., & Bitner, M. J. (2003). Service Marketing. McGraw Hill Inc.

Published
2024-06-24
How to Cite
Tulus Martua Sihombing, Iryanti Adriant, & Abdul Hakeem Alfaridzi Dharma Kesuma. (2024). PENERAPAN THEORY U DALAM UPAYA MERANCANG KEMASAN PENGIRIMAN SEPEDA MOTOR DI PT POS INDONESIA. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 336-350. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.348