ANALISIS PENERAPAN ONLINE FOOD DELIVERY DAN PENDAPATAN USAHA KULINER MASYARAKAT DI KECAMATAN TAMPAN

  • Afnika Ramsuwana Siregar Universitas Riau
  • Mardiana Universitas Riau
  • Indri Yovita Universitas Riau
Keywords: Online Food Delivery, Usaha Kuliner, Paired Sampel T-Test, Analisis Regresi Linear Berganda

Abstract

Untuk membantu chef lokal di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru meningkatkan keuntungannya, penelitian ini akan mengkaji hubungan antara layanan pesan antar makanan online dengan pengeluaran pelanggannya. Metodologi deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Bukti penelitian ini berasal dari sumber primer dan sekunder. Data sekunder bersumber dari instansi pemerintah seperti Dinas Perindustrian Kota Pekanbaru, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, dan Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru, sedangkan data primer dikumpulkan dari responden secara langsung melalui kuesioner dan laporan. Dengan menggunakan SPSS 27, kami melakukan Analisis Regresi Berganda dan Uji Dua Sampel Berpasangan (Paired Sample T-Test). Baik sebelum maupun sesudah diperkenalkannya pesan antar makanan online, pendapatan pelaku usaha kuliner meningkat, menurut Uji Dua Sampel Berpasangan (Paired Sample T-Test). Di sisi lain, tidak semua restoran mengalami peningkatan pendapatan ketika pelanggan memilih layanan pesan-antar makanan secara online. Dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil thitung sebesar 6,037 > nilai ttabel sebesar 1,697 maka hasil tersebut ditetapkan signifikan secara statistik. Kesenjangan pendapatan mungkin terjadi sebelum dan sesudah penggunaan layanan pesan-antar makanan online. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yaitu harga jual (X1), tingkat pendidikan (X2), dan jumlah pesanan (X3) yang berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha kuliner. Dapat disimpulkan bahwa harga jual, tingkat pendidikan, dan jumlah pesanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan (0,000 < 0,05).

References

Artaman, D. M. A., Yuliarmi, N. N., & Djayastra, I. K. (2015). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(02), 87-105.
Akbariandhini, M., & Prakoso, A. F. (2020). Analisis faktor tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan status perkawinan terhadap pendapatan di indonesia berdasarkan IFLS-5. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), 13-22.
Cahayani, M. (2021), “Analisis Keberadaan Go Food Dan Grab Food Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram”, JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), Universitas Hamzanwadi, Vol. 5 No. 1, pp. 90–103
Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275-282.
Dewi, & Utari,. (2014). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(12), 44496.
Fauziah Suryadi, D., Indra Fauzi Ilyas, M. and Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP, D. (2018), Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M).
Gambrien, B., Rahmat Iskandar, A. and Informatika Politeknik Telkom, M. (2012), “E-Commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus : Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan)”, Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom, Vol. 1 No. 4, pp. 144–151.
Gonibala, N., Masinambow, V. A., & Maramis, M. T. B. (2019). Analisis pengaruh modal dan biaya produksi terhadap pendapatan UMKM di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01).
Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga. Kinerja, 17(2), 305-313.
Helmalia dan Afrinawati (2018), “Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang”, JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), Vol. 3 No. 2, p. 237
Indraswari, A., & Kusuma, H. (2018). Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 63-73.
Ismah, I., Suhendri, S. and Kusdaryani, W. (2020), “Pengembangan UMKM Melalui Literasi Digital pada Era 4.0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha”, Altruis: Journal of Community Services, Vol. 1 No. 4, p. 174
Laili., dan Setiawan (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Sentra Batik Di Kota Pekalongan. Diponegoro Journal Of Economics, 9(4).
Madrianah, M., Kausar, A., Muchsidin, F.P. and Verawaty, V. (2023), “Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar”, JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), Universitas Andi Djemma, Vol. 6 No. 1, p. 34
Marlinah, L. (2020), Peluang Dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional, Jurnal Ekonomi, Vol. 22.
Mataram, K. M. (2022). Strategy analys of micro small medium enterpries (MSMEs) food traders around udayana road in facing times of the economic crisis in the era of the covid-19 pandemic. Jurnal of Applied Business and Banking (JABB) Vol, 3(1).
Mulyati, S. (2017). Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Debitur PT. BPR Pundi Masyarakat Kota Batam). MEASUREMENT: Journal of the Accounting Study Program, 11(2).
Ngalino, N. (2022). Dampak Keberadaan GO Food dan Grab Food Terhadap Penjualan Usaha Kuliner di Kecamatan Sukaramai Palembang. Adminika, 8( 2), 29-44.
NSS, R. L. P., & Rahoyo, R. (2019). Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2), 120-133.
Nur, S. and Sartika Djafar, J. (2022), “YUME : Journal of Management Dampak Penggunaan Aplikasi Berbasis Online Food Delivery Atas Tingkat Pendapatan Usaha Kuliner di Kota Makassar”, YUME : Journal of Management, Vol. 5 No. 3, pp. 283–294
Polandos, P. M., Engka, D. S., & Tolosang, K. D. (2019). Analisis pengaruh modal, lama usaha, dan jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di kecamatan langowan timur. Jurnal Berkala ilmiah efisiensi, 19(04).
Prasetya, S. R., Rivai, R. A., Hutama, M. B. Y., Rama, D. A., & Agata, D. F. (2023). Pemanfaatan Online Food Delivery (Shopee Food Dan Gofood) Dalam Pemasaran Dan Penjualan Produk UMKM Di Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(3), 24-33.
Prasetianto, S., B, M.F., Martha Kusuma, D. and Dwi Cahya, A. (2021), Analisis Layanan GO-FOOD dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Kuliner di Yogyakarta, Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), Vol. 5.
Purnomo, S. D., Adhitya, B., & Zumaeroh, Z. (2021). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 85-95.
Sari, N. A. (2019). Pengaruh perkembangan ekonomi digital terhadap pendapatan pelaku usaha UMKM di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Sari, Pratiwi, Mubariqoh, Andika, M. G., Nuraini, S. A., & Fitri, A. (2021).Dampak Layanan Online Food Delivery Terhadap Pendapatan Usaha Kuliner di Bandar Lampung
Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D.
Widiyanto, G., Satrianto, H., & Wibowo, F. P. P. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang (Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack). ECo-Buss, 3(3), 120-130.
Widyayanti, E. R., & Insiatiningsih, I. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Dengan Aplikasi Gojek Fitur Gofood Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kuliner Di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 8(1), 80-95.
Published
2024-06-24
How to Cite
Afnika Ramsuwana Siregar, Mardiana, & Indri Yovita. (2024). ANALISIS PENERAPAN ONLINE FOOD DELIVERY DAN PENDAPATAN USAHA KULINER MASYARAKAT DI KECAMATAN TAMPAN. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 321-335. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.346