PAPARAN MULTIBAHASA DALAM LINGKUNGAN KELUARGA: IMPLIKASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRA-SEKOLAH

  • Arsya Deanna Tatsbita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Primaditha Noorrizqyka Putri Hilmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sabitasari Nauraleza Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shaula Virgincia Rizqina Wardana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syahla Luzaina Khadar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Multibahasa, Perkembangan Bahasa, Psikolinguistik, Anak Pra-Sekolah, Lingkungan Keluarga

Abstract

Kemampuan multibahasa pada individu semakin meningkat tajam. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah lingkungan keluarga. Oleh karena itu, tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk mengulas tentang perkembangan awal bicara anak pra-sekolah yang terkena paparan multibahasa dalam lingkungan keluarga. Berbagai artikel yang relevan dengan tujuan pembahasan telah penulis review dan rangkum dari berbagai database untuk keperluan metode penelitian ini yaitu studi literatur. Temuan menunjukkan bahwa paparan multibahasa dapat memiliki efek positif terhadap perkembangan bahasa anak, meningkatkan fleksibilitas berbahasa, serta kemampuan kognitif mereka. Namun, penelitian juga mengungkapkan adanya tantangan tertentu, seperti konflik bahasa dan kebingungan anak dalam membedakan antara bahasa. Implikasi dari hasil penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan lingkungan keluarga yang memadai dalam memfasilitasi perkembangan bahasa anak pra-sekolah yang terpapar multibahasa. Penelitian ini memiliki nilai penting dalam memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana bahasa berinteraksi di lingkungan keluarga dapat membentuk kemampuan awal berbicara pada anak-anak pra-sekolah.

References

Aini, D. N., Ningrum, I. T., Fitrianti, & Fauziah, M. (2024). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Pemerolehan Bahasa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 309–315. https://doi.org/10.22236/referen.v2i2.9185
Anggraini, N. (2020). PERANAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. 7(2), 809–820.
Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.
Aronin, L. (2019). What is multilingualism. In Twelve Lectures in Multilingualism (5-34). Multilingual Matters. https://doi.org/10.21832/9781788922074-003
Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643
Bialystok, E. (2017). The bilingual adaptation: How minds accommodate experience. Psychological Bulletin, 143(3), 233-262. http://doi.org/10.1037/bul0000099
Brown, H. D. (2007) Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (Cholis, N dan Paraneom, Y.A. Trans) Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat
Budiman, B., Panggabean, A., & Rahma, A. (2024). Pengaruh Perkembangan Ragam Bahasa terhadap Perkembangan Kognitif Anak di Era 4.0. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 615-622.
Chairunnisa, C. (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Bayi Dan Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 125-137. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.13964
Fitriyani, N. (2023). Pengaruh Bilingualisme Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 7 Tahun. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 231–239. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/390%0Ahttps://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/viewFile/390/429
Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme Pada Masyarakat yang Berwirausaha. Pena literasi, 2(1), 47-54.
Kovelman, I., Baker, S. A., & Petitto, L. A. (2008). Age of first bilingual language exposure as a new window into bilingual reading development. Bilingualism: Language and Cognition, 11(2), 203-223. http://doi.org/10.1017/S1366728908003386
Kurniati, E. (2017). Perkembangan bahasa pada anak dalam psikologi serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47-56. http://doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.401
Lestari Nurul Dwi. (2020). PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA BAGI PEBELAJAR MULTIBAHASA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 1–11.
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153–163. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.04
Panjaitan, N. A. S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal On Education, 5(2), 3788-3795
Papalia, D.E. et. al. 2008. Human Develop-ment (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.
Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 10(2), 167–178. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2409
Puspitasari, R. H., & Safitri, P. I. (2016). Penguasaan bahasa pertama (mother tongue) pada batita dan balita transmigran asal Jawa di Silat Kapuas Hulu Kalimantan Barat: Kajian psikolinguistik. In PRASASTI: CONFERENCE SERIES (pp. 646-652).
Rizkyanfi, M. W., Simorangkir, A. S., & Afidah, N. N. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JARAK JAUH BAGI BIPA ANAK BERBASIS KONSEP HIPERMEDIA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1616-1625.
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1-8.
Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793
Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89.
Tjahyaningtias, A., Wahono, M. S., Aristiana, P. R., & Sos, S. (2017). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK ADE ERMA SURYANI SURABAYA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).
Published
2024-08-29
How to Cite
Arsya Deanna Tatsbita, Primaditha Noorrizqyka Putri Hilmana, Sabitasari Nauraleza, Shaula Virgincia Rizqina Wardana, Syahla Luzaina Khadar, & Mochamad Whilky Rizkyanfi. (2024). PAPARAN MULTIBAHASA DALAM LINGKUNGAN KELUARGA: IMPLIKASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRA-SEKOLAH . Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1948-1957. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.342