PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA SALIB KASIH TARUTUNG

  • Apri Sihombing Politeknik Negeri Medan
Keywords: Strategi Promosi, Harga, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Dalam pengembangan pariwisata khususnya di Objek Wisata Salib Kasih Tarutung terdapat penilaian pengunjung yang dapat digunakan sebagai acuan. Pengoptimalan strategi promosi dan harga menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan tersebut dan dapat dijadikan sebagai acuan yang diharapkan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan harga terhadap kepuasan wisatawan secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan objek wisata Salib Kasih Tarutung pada tahun 2022 berjumlah 3.016, dengan sampel berjumlah 97 orang wisatawan yang diambil menggunakan teknik sampling non-probability sampling.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dan tinjauan pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis.  Dari hasil penelitian ini diperoleh 88,6% kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh strategi promosi dan harga, sedangkan 11,4% kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial strategi promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan.

References

Akakip, F. E. D., Ariwijaya, H., & Milang, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.
Amalia. (2022). Pengaruh Kualitas Fasilitas Wisata, Harga Layanan Wisata, Lokasi Destinasi dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Kawasan Wisata Danau Sipin. http://repository.uinjambi.ac.id/14558/. Diakses pada tanggal 17 April 2023
Beslar, dkk. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Laut Bunaken. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kurniawan. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Di PT.Telkom Indonesia Kediri. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Lumansik, dkk. (2022). ANALISIS POTENSI SEKTOR PARIWISATA AIR TERJUN DI DESA KALI KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 22, 17.
Mariana, dkk. (2023). Mindset Sadar Wisata Dalam Tatanan Kehidupan Baru Yang Produktif dan Berdaya Guna Menuju Kemandirian Masyarakat Bagi Penggerak Deswita Jatirejo Gunungpati. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive, 212.
Muhadi, M. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan Cheesecake pada L’Cheese Factory Pekanbaru Ditinjau dalam Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Pratiwi, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pondok Nyoman Bagus Di Pererenan Mengwi. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata.
Putri. (2021). Pengaruh Harga Tiket Pesawat Dan Kualitas Pelayanan Bandar Udara Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Dimasa Pandemik COVID-19 Pada Bandar Udara International Ngurah Rai Bali (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Rahmadayanti. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ekonomi Islam, 12.
Ratnasari. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8.
Wahyuni. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Gowa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Yandrika. (2020). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Kampar. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Yulianti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Papa Ong di Kota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Zakhariansyah. (2021). Pengaruh Iklan, Diskon, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan GoFood. http://repository.stei.ac.id. Diakses pada tanggal 19 April 2023.
Published
2024-01-29
How to Cite
Apri Sihombing. (2024). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA SALIB KASIH TARUTUNG. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1665-1678. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.263