MEDIA KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MULOK BUDAYA MELAYU ANTARA GURU DAN SISWA

  • Al Sukr Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Riau
  • Tessa Shasrini UNIVERSITAS ISLAM RIAU
Keywords: Guru dan Siswa, Proses Pembelajaran, Media Komunikasi,Sekolah

Abstract

Media komunikasi pembelajaran adalah salah alat atau komponen di dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah. Media merupakan salah satu komponen yang dapat membantu para guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya agar siswa  bisa memiliki ketertarikan terhadap materi pembelajaran yang akan disampaikan. Mulok (Muatan Lokal) masuk kedalam pembelajaran karena Budaya Melayu menjadi identitas kuat dalam tradisi masyarakat melayu di Provinsi Riau. Mata pelajaran mulok bertujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang luas tentang keadaan lingkungan serta adat kebiasaan atau etika masyarakat melayu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran media komunikasi dalam proses pembelajaran yang digunakan guru selama proses mengajar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriftif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan depth interview, subjek penelitian pada penelitian ini guru SMA Negeri dan SMA Swasta yang ada di kota Pekanbaru. Dari hasil  wawancara dapat disimpulkan media komunikasi pembelajaran yang tepat sangat Peran media komunikasi seperti Youtube, VCD, LCD di dalam Mata pelajaran mulok dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru lebih menarik, lebih nyata dan lebih bermakna bagi siswa.  Para siswa akan mudah memahami apabila objek yang akan di jelaskan di tampilkan melalui media berbanding mereka mendengarkan deskripsinya melalui guru. Selain itu penggunaan media komunikasi tersebut dapat berperan untuk mengatasi kebosanan dalam proses belajar di dalam kelas. penting dalam menunjang pembelajaran pada siswa.

References

Agustrianto., M. A. (2014). PENGEMBANGAN MODEL MATA PELAJARAN MUATAN
LOKAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DI
SEKOLAH DASAR PROVINSI BENGKULU. Jurnal Pendidikan Karakter, 318–331.

Insyiroh, I. M. (2020). Pendidikan berbasis kearifan lokal sebagai solusi menghadapi
Indonesian Journal of Social Development, 1(1),, 51–72.

Nasir, M. . (2013). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam
Di Madrasah. . HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1.

Shufa, N. K. F. . (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah
Kerangka Konseptual. . INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan,, 1(1), 48–53.

Cikka, H. (2020). Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi,
15(2), 359. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.vol15.iss2.171

Faturohman, O., Sudrajat, A., & Ghoer, H. F. (2022). Manajemen Kurikulum
Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Keterampilan
Berbahasa Sunda. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1233–1245.
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.551

Giantika, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses
Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Komunikasi, 11(30), 143–150.

Kamarudin, S. A., & Sujud, A. (2017). Jati Diri Melayu dalam Kumpulan Puisi Terpilih A. Aziz Deraman: Analisis Teori Pengkaedahan Melayu. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 07, 47–63. https://doi.org/10.15282/ijleal.v7.513

Kamil, B., Nuryati, N., & Santri, P. A. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK SANTRI YANG BERAKHLAK DI PONDOK PESANTREN ALMUBTADI ’ IN. 3(1), 47–57.
Mubarok, A. A. (2019). Musyawarah dalam Perspektif Al-Qur’an. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 147–160.

Nafisah, D. (2016). Peran Pendidikan Muatan Lokal Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 451. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1078

Nasir, M. (2013). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Muktadir Abdul dan Agustrianto. (2014). PENGEMBANGAN MODEL MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR PROVINSI BENGKULU. Jurnal Pendidikan Karakter, 318–331.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8
Munir. (2017).Pembelajaran Digital.Bandung: Alfabeta
Published
2023-12-31
How to Cite
Al Sukri, & Tessa Shasrini. (2023). MEDIA KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MULOK BUDAYA MELAYU ANTARA GURU DAN SISWA . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1618-1624. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.262