ANALISIS PENGARUH DEBAT CALON PRESIDEN 2024 PERTAMA TERHADAP ELEKTABILITAS CALON PRESIDEN PERSPEKTIF PANDANGAN MASYARAKAT

  • Citra Widayanti Universitas Wahid Hasyim
  • Yulita Nilam Fridiyanti Universitas Wahid Hasyim
Keywords: Elektabilitas Calon Presiden, Pandangan Masyarakat, Survei, Debat Calon Presiden 2024

Abstract

Pemilihan Presiden Indonesia 2024 menjadi fokus perhatian dengan perdebatan calon presiden yang dianggap momen krusial dalam menentukan elektabilitas kandidat. Survei elektabilitas oleh lembaga seperti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Indonesia Polling Stations (IPS) menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendominasi setelah debat. Meskipun ada skeptisisme terkait ketepatan survei, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengandalkan survei internal dan sentimen media sosial sebagai fokus utama. Analisis sentimen masyarakat melalui media sosial menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) menyoroti pengaruh positif Gibran Rakabuming Raka dalam meningkatkan elektabilitas Prabowo-Gibran. Lembaga survei terkemuka, seperti Roy Morgan, Litbang Kompas, LSI Denny JA, Indikator Politik, dan Poltracking Indonesia, memberikan wawasan elektabilitas yang berbeda, mencerminkan dinamika politik menjelang pemilihan. Penelitian ini melibatkan literature review dari berbagai sumber, menggali konsep elektabilitas dan dampak debat politik. Teori komunikasi politik dan psikologi politik menjadi landasan untuk memahami bagaimana pesan dari debat mempengaruhi preferensi pemilih. Dampak debat pertama tidak hanya sementara, melainkan membentuk narasi jangka panjang. Pidato yang kuat dan respons terhadap isu-isu penting menciptakan kesan mendalam pada pemilih. Evaluasi diri dan perbaikan pasca debat, serta dinamika koalisi politik dan strategi politik pasca debat, menjadi elemen penting dalam menjaga elektabilitas. Pemahaman mendalam terhadap elektabilitas pasca debat menjadi kunci dalam menyikapi dinamika politik menjelang Pemilihan Presiden 2024.

References

Andini, A. T. (2024). Analisis Algoritma Pemrograman Dalam Media Sosial Terhadap Pola Konsumsi Konten. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(1), 286–296.
CNBN. (2024). Jelang Debat Cawapres 2024, Ini Hasil 14 Survei Terbaru Pilpres 2024. CNBN Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20240121053412-4-507524/jelang-debat-cawapres-2024-ini-hasil-14-survei-terbaru-pilpres-2024
Fikolbi, S., Khobiroh, F., & Cheryl, W. A. (2023). Analisis Resepsi Penyebaran Gagasan Bacapres Tahun 2024 Dalam Tayangan Youtube Mata Najwa. Prosiding Seminar Nasional, 072–081.
Haslina, W. (2023). Anies Baswedan’s 2024 Candidacy Presidential Declaration: Norman Faircough Critical Discourse Analysis (Deklarasi Capres 2024 Anies Baswedan: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 9(2), 286–300. https://doi.org/10.22202/jg.2023.v9i2.7381
Humam, C., & Laksito, A. D. (2023). Implementasi Aplikasi Sentimen Pada Data Twitter Jelang Pemilu 2024. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 8(2), 105–112. https://doi.org/10.30591/jpit.v8i2.5051
Muhammad, N. (2024). Survei IPS: Prabowo-Gibran Tembus 51,8% Pasca-Debat Pilpres 2024. Databook. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/18/survei-ips-prabowo-gibran-tembus-518-pasca-debat-ketiga-pilpres-2024
Putri, Z. (2023). Survei CSIS Terbaru Elektabilitas Capres 2024 Pasca Debat, Ini Pemenangnya. Detik.Com. https://www.detik.com/bali/berita/d-7111479/survei-csis-terbaru-elektabilitas-capres-2024-pasca-debat-ini-pemenangnya
Rahmat Banu Widodo, A. T. A. (2024). Strategi Kampanye Politik Capres – Cawapres Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di Pemilihan Presiden 2024. 6(2), 8–11.
Zain, H. H., Awannga, R. M., & Rahayu, W. I. (2023). Perbandingan Model Svm, Knn Dan Naïve Bayes Untuk Analisis Sentiment Pada Data Twitter: Studi Kasus Calon Presiden 2024. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2083–2093. https://jim.usk.ac.id/sejarah.
Published
2024-02-01
How to Cite
Citra Widayanti, & Yulita Nilam Fridiyanti. (2024). ANALISIS PENGARUH DEBAT CALON PRESIDEN 2024 PERTAMA TERHADAP ELEKTABILITAS CALON PRESIDEN PERSPEKTIF PANDANGAN MASYARAKAT. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1720-1731. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.259