PENGARUH ENVIRONMENTAL AWARENESS. GREEN PRODUCT, DAN GREEN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIO2000 FORMULA KURAS WC STUDI KASUS KONSUMEN DI SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Environmental Awareness, Green Product, dan Green Promotion terhadap Keputusan Pembelian produk BIO2000 FORMULA KURAS WC di Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 Responden yang merupakan konsumen dari produk BIO2000 FORMULA KURAS WC yang sudah pernah melakukan pembelian produk sebanyak 1 pcs. Dengan menggunakan Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah metode Survei dengan instrument penelitian yang digunakan adalah Kuisioner. Hasil Uji Intrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Pada Uji Asumsi Klasik dinyatakan bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan menghasilkan model regresi yang bebas dari multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa : (1) Environmental Awareness berpengaruh signifikan secara positif terhadap Keputusan Pembelian Produk BIO2000 FORMULA KURAS WC di Surakarta, (2) Green Product berpengaruh signifikan secara positif terhadap Keputusan Pembelian Produk BIO2000 FORMULA KURAS WC di Surakarta (3) Green Promotion Tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk BIO2000 FORMULA KURAS WC di Surakarta,Hasil ini membawa implikasi bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji perilaku konsumen pada beragam produk kebersihan sanitasi yang ramah lingkung. Temuan penelitian ini membawa impliaksi bagi produsen produk ramah lingkungan untuk merumuskan strategi Green Promotion pada konsumen agar mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
References
Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. (n.d.). Retrieved 4 October 2023, from https://surakartakota.bps.go.id/indicator/12/313/1/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-kota-surakarta.html
Bio Dua Ribu – Green Is My World. (n.d.). Retrieved 28 October 2023, from https://bioduaribu.com/
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 23.
Kotler, Phillip & Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management 16 edit. New Jersey: Pearson Pertince Hall.
Mkik, S., Khouilid M., & Aomari, A. (2017). Green Advertising and Environmentally Consumption: The Level of Awareness and Moroccan Costumer’s Perception. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM. 19 (8). 2-4. (https://hal.archives-ouvertes.fr/hal-01581428/document )
SIMANIS CIKA. (n.d.). Retrieved 4 October 2023, from http://simanis.dpubinmarcipka.jatengprov.go.id/sanitasi/iplt
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Cetakan Kedua Puluh Tiga. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung Indonesia: Hampir 70 persen sumber air minum rumah tangga tercemar limbah tinja. (n.d.). Retrieved 19 October 2023, from https://www.unicef.org/indonesia/id/siaran-pers/indonesia-hampir-70-persen-sumber-air-minum-rumah-tangga-tercemar-limbah-tinja