POTENSI YANG DIMILIKI OLEH PARA PEDAGANG DI AREA PARKIR PASAR BANYUASRI

  • I Putu Yudisthira Putra Narmada Universitas Udayana
Keywords: Potensi, Pasar, Pedagang, Modal, Keterampilan

Abstract

Pasar Banyuasri merupakan sebuah tempat terjadinya transaksi antara pedagang dan pengunjung yang menjadi konsumen. Pasar merupakan tempat bagu para pedagang untuk melakukan aktivitas mereka dalam menjajakan komoditas yang mereka miliki dan tempat bagi para konsumen untuk mencari barang yang dibutuhkan. Para pedagang memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan untuk dapat menjual komoditas mereka kepada pembeli yang membutuhkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara deskriptif kualitatif sebagai metode utama dan pendekatan kuantitatif sebagai penunjang bagi data kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purpossive dalam menentukan informan. Para informan dalam penelitian ini merupakan para pedagang yang mendiami suatu area pasar yang memiliki pengalaman serta keterampilan dalam berdagang. Dalam penelitian ini, para pedagang memanfaatkan potensi dalam aspek modal mereka dalam memperoleh keuntungan. Hal tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan pasokan barang ketika permintaan meningkat dan menguranginya ketika permintaan menurun. Dalam hal keterampilan, para pedagang meningkatkan harga jual ketika menjelang hari raya untuk dapat memaksimalkan keuntungan. Para pedagang telah mempertimbangkan bahwa barang dagangan dapat laris dengan cepat menjelang hari raya keagamaan. Berdasarkan hal tersebut, para pedagang senantiasa memperhatikan potensi mereka serta memanfaatkan modal dan ketrampilan untuk memperoleh keuntungan secara maksimal.

References

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sisson, M., & Gross, N. 2012. The Cambridge Handbook of Social Sciences in Australia. Cambridge: Cambridge University Press.
Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Published
2024-01-28
How to Cite
I Putu Yudisthira Putra Narmada. (2024). POTENSI YANG DIMILIKI OLEH PARA PEDAGANG DI AREA PARKIR PASAR BANYUASRI. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1607-1617. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.255