MENGOLAH KEMBALI DUDUKAN KURSI YANG TERLETAK DI UENO COFFE KOTA MADIUN

  • Bintang Mahendra Erwandaru Telkom University Bandung
  • Bebi Fallahdina Martheriani Telkom University Bandung
Keywords: Coffe Shop, Dudukan Kursi dan Meja, Desain Interior

Abstract

Kopi adalah tradisi lama Indonesia yang dikonsumsi di pagi hari sebelum melakukan tugas sehari-hari. Peradaban ini telah berkembang menjadi budaya baru. Minum kopi di coffee shop mewakili tren sekaligus posisi sosial. Alhasil, di era Industri 4.0 ini menjadi isu baru bagi perkembangan brand coffee shop. Selain menekankan produk dan modenya, ada satu komponen yang memainkan peran penting dalam pengembangan pelayanan: kenyamanan dudukan kursi dan meja. Aspek ini tidak hanya meningkatkan daya tarik pelayanan, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap coffee shop. Sensualitas pelayanan adalah kumpulan sensasi yang diperoleh dari pengalaman sensorik pelanggan dengan panca indera mereka saat mengkonsumsi produk tertentu. Ini terkait erat dengan placemaking, khususnya dalam desain interior, dengan tujuan menciptakan suasana hati dan pengalaman spasial tertentu. Akibatnya, tujuan dari penulisan ini adalah untuk memetakan hubungan antara desain interior kedai kopi populer dan nilai sensualitas pelayanan.

References

A. F. Riza, D. M. Wijayanti. The Triangle of Sensory Marketing Model: Does it Stimulate Brand Experience and Loyalty? Esensi J. Bisnis dan Mana j, 2018, Volume 8(1), 57–66.
A. Susanti, T. W. Natalia. Public Space Strategic Planning Based on Z Generation Preferences. IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng. Vol 407(1), 2018.
Ayalp, N., & Bozdayi, A. (2013). Sustainability of an Interior Space as a Cultural Heritage. International Journal of Sustainable Development and Planning, 8(4), 485–497. https://doi.org/10.2495/SDP-V8-N4-485-497.
B. Hultén. Branding by the Five Senses: A Sensory Branding Framework. J. Brand Strategy., 2017, Volume 6(3), pp. 281–192.
Bookman, S. (2014). Brands and Urban Life: Specialty Coffee, Consumers, and the Co-creation of of Urban Café Sociality. Space and Culture, 17(1), 85-99, DOI: 10.1177/1206331213493853.
C. Rodrigues. Brand Sensuality and ConsumerBased Brand Equity. Doctoral Thesis, University of Porto, Porto, 2014, pp. 149.
Coffee Association of Canada. (2019). Canadian Coffee Drinking Trends Study. Retrieved from Coffee Association of Canada: https://www.coffeeassoc.com/wp-content/ uploads/2019/09/CAC-2019-Canadian-Drinking-Trends-Study-Infographic.pdf
E. Herlyan.a Fenomena Coffee Shop sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 2012, Volume 13(1), 188–204.
H. J. Song, S. Y. Bae, H. Han. Emotional Comprehension of a Name-Brand Coffee Shop: Focus on Lovemarks Theory. Int. J. Contemp. Hosp. Manag., 2019, Volume 31(3), 1046–1065.
Hardie, A.-M. (2019). Van Houtte Pays Homage to its Canadian Roots as it Celebrates 100th Anniversary. The Tea & Coffee Trade Journal, ,191(11), 6.
H-T. H. Mahmoud. Interior Architectural Elements that Affect Human Psychology and Behavior. Acad. Res. Community Publ., 2017, Volume 1(1), 10
J. W. Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 4th ed. SAGE Publication Ltd., London, 2014.
M. Azzuhri, A. D. Tanjung. Interior Design at Coffee Shop as a Factor Influencing Customer Retention and Mediating Role of Perceived Customer Satisfaction. J. Entrep. Entrep., 2018, Volume 6(2), 43–54
M. Pecotić, V. Bazdan, J. Samardžija. Interior Design in Restaurants as A Factor Influencing Customer Satisfaction. Rochester Inst. Technol., 2014, Volume 4, 10–14.
M. Törőcsik, K. Szűcs, D. Kehl. How Generations Think: Research on Generation Z. Acta Univ. Sapientiae, Commun., 2014, Volume 1, 23–45.
T. Holton, B. Fraser. Generation Z and Technology. 2015.
Published
2024-02-01
How to Cite
Bintang Mahendra Erwandaru, & Bebi Fallahdina Martheriani. (2024). MENGOLAH KEMBALI DUDUKAN KURSI YANG TERLETAK DI UENO COFFE KOTA MADIUN. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1708-1719. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.251