PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PPLK SEBAGAI GURU DI SMK NEGERI 1 PADANG

  • Ahmad Taufik Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Waskito Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
Keywords: persepsi, kompetensi, pedagogik, kepribadian, profesional, sosial

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penghargaan siswa terhadap mahasiswa PPLK sebagai guru ditinjau dari empat kompetensi dasar yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah persepsi siswa kelas X terhadap kompetensi mahasiswa PPLK sebagai guru di SMK Negeri 1 Padang, ditinjau dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 260 orang Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling di mana sampel yang diperoleh sebanyak 65 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa kelas X. Uji coba instrumen dilakukan terhadap siswa diluar sampel yang berjumlah 30. Untuk menentukan validitas angket diperoleh melalui bantuan program SPSS Versi 17, dengan taraf signifikan 5%. Diperoleh 7 item pertanyaan yang tidak valid dari 45 item pertanyaan. Untuk menentukan reliabilitas instrumen menggunakan aplikasi SPSS versi 17, yaitu dengan melihat nilai Cronboach’s Alpha, yang diperoleh harga sebesar 0,897. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor total indikator untuk kompetensi mahasiswa PPLK adalah 3.91. Dari tabel kategori harga rata-rata Sudjana diketahui bahwa persepsi siswa kelas X terhadap kompetensi mahasiswa PPLK sebagai guru di SMK Negeri 1 Padang adalah Baik.

Published
2021-12-31
How to Cite
Ahmad Taufik, Waskito, & Nelvi Erizon. (2021). PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PPLK SEBAGAI GURU DI SMK NEGERI 1 PADANG . Journal of Social and Economics Research, 3(2), 116-122. https://doi.org/10.54783/jser.v3i2.25