PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP ETOS KERJA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI

  • Ismi Kusuma Dewi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Purwadhi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Yani Restiani Widjaja Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Kompetensi, Budaya Kerja, Etos Kerja, Kinerja

Abstract

Sebuah perusahaan yang besar selain harus memiliki jumlah SDM yang memadai juga harus didukung oleh kualifikasi SDM yang memiliki kinerja unggul, etos kerja tinggi, dan kompetensi yang handal dalam menjalankan aktivitas perusahaan demi tercapainya tujuan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh Kompetensi dan Budaya Kerja terhadap Etos Kerja implikasinya pada Kinerja Pegawai Subdit Sosialisasi di Direktorat Idensos Mabes Polri. Pada penelitian ini peneliti mengambil suluh sample dari Subdit Sosialisasi Mabes Polri. Sample pada penelitian ini sebanyak 30 karyawan atau anggota Subdit Sosialisasi Direktorat Idensos Mabes Polri. Teknik penelitian yang digunakan yaitu non sampling dengan Teknik saturation sampling (mengambil seluruh anggota populasi). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi dan budaya kerja memiliki pengaruh yang positif terhadap etos kerja pegawai Subdit Sosialisasi Dit Idensos Mabes Polri, sementara kompetensi dan budaya kerja memiliki hubungan yang kuat terhadap kinerja pegawai Subdit Sosialisasi Direktorat Idensos Mabes Polri. Kompetensi dan budaya kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Etos Kerja, dan etos kerja memiliki pengaruh kepada kinerja pegawai Subdit Sosialisasi di Direktorat Idensos Mabes Polri.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara., 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung
Alex S Nitisemito. 1986. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badrudin, 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.
Bambang Wahyudi. 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Penerbit SULITA, Bandung
Bejo Siswanto. 2010. Manajemen Tenaga Kerja Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung : Sinar Baru.
Dessler, Gary. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Bahasa Indonesia
Jilid 1 (Edisi 10).Jakarta : PT Indeks.
Flippo, Edwin B. 2002. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga
Henry Simamora. (1995/ Manajemen Sumber DayaManusia. Yogyakarta :Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha, 2008, Kompetensi Plus : Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta :Graha Ilmu
Kerlinger, Fred Nichols. Zeithalm, and Bitner. Foundation of Behavioral Research. Edisi 2, Penerbit Holt, Rinehart & Winston. 2000
Manullang, dan Marihot Manullang. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Penerbit BPFE-YOGYAKARTA, Yogyakarta.
Mangkuprawira, S., (2008) Bisnis, Manajemen, dan SDM. IPB Press, Bogor
Narimawati, Umi, Sri Dewi Anggadini dan Lina Ismawati. 2010. Penulisan Karya Ilmiah : Panduan Awal menyusun Skripsi dan Tugas Akhir Aplikasi Pada Fakultas Ekonomi UNIKOM. Bekasi: Penerbit Genesis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.
Werther, William B. & Keith Davis. 1996. Human Resources And Personal Management.Edisi kelima. New York: McGraw-Hill.
Wibowo (2012), Manajemen Kinerja ( Edisi ke 3 ). Jakarta: Rajawali Pers.
Widjaja, Y. R., & Ginanjar, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 47-56.
Andriani, R., & Kristiutami, Y.P. (2018). Implementasi Budaya Pelayanan Pada Industri Perhotelan Hubungannya Dengan Peningkatan Kinerja Human Cpital. Jurnal Ecodemonica, 2(2), 306-313.
Widyatmojo, H., Rohendi, A., Wahyudi, B., Andikarya, R, O. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Klinik Demam RS Primaya Karawang. Prosiding Magister Manajemen ARS University, 1, 15-23.
Andriani, R., (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bank Tabungan Negara Di Bandung. Ecodemica, 11(2). 247-257.
Widjaja, Y. R., Revaldy, M. R., Nurdin, S. (2022). Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Pengaruh Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sains Manajemen, 4(2), 85-93.
Suardi. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Menara Ekonomi, VI(1), 96-102. 1837-4736-1-PB (1).pdf
Damayanti, R., Hanafi A.,Cahyadi, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Non Medis RS Islam Siti Khadijah Palembang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, XV(2),75-86.
Published
2024-01-24
How to Cite
Ismi Kusuma Dewi, Purwadhi, & Yani Restiani Widjaja. (2024). PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP ETOS KERJA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1500-1517. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.243