DUKUNGAN SOSIAL, KEMATANGAN EMOSI, DAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT SATU

  • Milda Sari Universitas Gunadarma
Keywords: Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial, Kematangan Emosi, Mahasiswa Tingkat Satu

Abstract

Penyesuaian diri menjadi permasalahan umum yang ditemui pada mahasiswa baru. Beberapa hal yang dianggap dapat mendorong terjadinya penyesuaian diri pada mahasiswa baru yaitu dukungan sosial dan kematangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh dukungan sosial dan kematangan emosi secara simultan terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa tingkat satu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala penyesuaian diri, skala dukungan sosial, dan skala kematangan emosi. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 112 orang mahasiswa aktif tingkat satu. Hipotesis dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial dan kematangan emosi terhadap penyesuain diri pada mahasiswa tingkat satu. Dukungan sosial mempunyai pengaruh lebih besar terhadap penyesuaian diri mahasiswa tingkat satu.

References

Ariyawati, Annisa Sovia. (2021). Hubungan Kematangan Emosi Dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa SMA yang Terdampak Sistem Zonasi Di Kota Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Estiane, U. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 4(1), 29–40.
Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Gunarsa, S. & Gunarsa, Y. (1995). Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.
Kartono, K. (2000). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.
KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). Jakarta: PT(Persero) penerbitan dan percetakan
Melly. (2008). Hubungan antara kreativitas dan stres pada mahasiswa tahun pertama Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia. Skripsi. Universitas Indonesia.
Melyza. (2015). Hubungan Antara Keleketan Aman Terhadap Ibu Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati, 6.
Monks, J.F. Knoers, P.M.A., & Haditono, RS. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Olani. A. (2009). Predicting First Year University Student Academic Succes. Electronical. Journal of Research in Educational Psychology. 7 (3), 1053107
Papalia, D. E., Old, S. L., Feldman, R. D. (2008). Human development. Jakarta: Kencana.
Salam, B. (2004). Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.
Schneiders, A. A. (1955). Personal adjustment and mental health. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Shafira, F. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Perantau. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Sharma, B. (2012). Adjustment and Emotional Maturity Among First Year College Student. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 10(2), 32-37.
Smet, B. (1984). Psikologi kesehatan. Jakarta: Grasindo.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC. Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yusuf, S & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). Multidimensional Scale Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52 (1), 30–4.
Published
2024-01-24
How to Cite
Milda Sari. (2024). DUKUNGAN SOSIAL, KEMATANGAN EMOSI, DAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT SATU. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1415-1424. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.236