HUBUNGAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PSIKOLOGI TERHADAP INTENSI MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

  • Elthamasta Vigiliani Lahagu Universitas Tarumanagara
  • Pamela Hendra Heng Universitas Tarumanagara
Keywords: Self-Efficacy, Intensi Mengajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

Abstract

Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2017, jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) di Indonesia telah mencapai 1,6 juta. Meskipun angka ini terus meningkat setiap tahun, namun ketersediaan tenaga pendidik atau Guru Pendamping Khusus masih tidak mencukupi, seperti yang diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada tahun 2011. Dalam konteks tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat hubungan antara tingkat Self-Efficacy mahasiswa psikologi dengan niat untuk mengajar anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Sampel penelitian terdiri dari 280 mahasiswa psikologi yang berasal dari beberapa Universitas/Perguruan Tinggi, dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada periode Oktober hingga November 2023. Alat ukur yang digunakan melibatkan General Self-Efficacy Scale yang dikembangkan oleh Schwarzer & Jerusalem, serta Theory of Planned Behavior yang dikembangkan oleh Icek Ajzen. Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson antara variabel Self-Efficacy dan intensi mengajar, ditemukan nilai Pearson Correlation sebesar 0.286, dengan nilai p= 0.000< 0.05, menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan signifikan dalam pengembangan ilmu psikologi, khususnya dalam konteks psikologi pendidikan.

References

A. Baron, R. , & B. D. (2004). Psikologi Sosial. Erlangga.
Achmat Zakarija. (2010). Theory of Planned Behavior, Masihkah Relevan? Jurnal Universitas Sumatera Utara.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior.
Aziz A. (2017). Hubungan antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara.
Bandura, A. & A. N. E. (1977). Analysis of Self-Efficacy theory of behavioral change. Cognitive Therapy and Research.
Bandura, A. (1977a). Self-Efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review.
Bandura, A. (1977b). Self-Efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. In Psychological Review (Vol. 84, Issue 2).
Bandura, A. (1990). Perceived Self-Efficacy in the exercise of control over AIDS infection. Evaluation and Program Planning.
Bandura, A. (1996). Multifaceted impact of Self-Efficacy beliefs on academic functioning.
Cobalt Angio, M. (2018). Pengaruh Peer Education terhadap Self Efficacy dan Motivasi pada Ibu Menyusui dalam Pemberian Asi. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas.
Dewi, R. P. (2017). Hubungan Efikasi DIri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Mercu Buana Yogyakarta. InSight, 19(2).
Diri, P. E., Keuangan, L., Berwirausaha Pada Mahasiswa, I., Ekonomi, F., Bisnis, D., Saddam Sudimantoro, A., Afridah, N., Kharisma, A. S., Mulyani, I. D., Manajemen, P. S., & Sudimantoro, A. S. (2023). The Effect of Self-Efficacy and Financial Literacy on Entrepreneurial Intentions in Students of the Faculty of Economics and Business, Muhadi Setiabudi University. In JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research (Vol. 1, Issue 4).
Dyah Anjarsari, A., & Efendy, M. (2018). Penyelengaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1.
Eden, F. (2016). Why do i feel more confident? Bandura’s sources predict preservice teachers’ latent changes in teacher Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 7(OCT). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01486
Fanny Febrianti, & Untung Subroto. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 799-811. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.183
Febrianti, S., & Purwanti, M. (2018). Gambaran Intensi Guru dalam Menerapkan Pendidikan Seksualitas pada Siswa Kelas IV-VI SD N di Jakarta. In Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan (Vol. 11, Issue 1).
Firdausi, A. (2018). Pengaruh Supervisi dan Kepercayaan Diri Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN di Jakarta Timur. Jurnal SAP, 2(3).
Fishbein, M. , & A. I. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice Hall.
Fitriani, R. N., Pujiastuti, H., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., Pakupatan, J., Cipocok Jaya, K., & Serang, K. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia, 05(03), 2793–2801.
Hasbullah. (2014). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Edureligia.
Hogg, A. M. , V. M. G. (2005). Introduction to Social Psychology. National Library of Australia Pearson Education Australia.
Inayati, I. N. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Perceived Behavior Control Terhadap Intensi Guru Kelas Bawah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri/Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Malang: Vol. XVIII (Issue 2).
Indah Permata D, B. R. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Univeritas Padjajaran.
Jeanne Ellis, O. (2008). Psikologi Pendidikan: Vol. I.
Khairul. (2005). Hubungan Antara Komitmen Beragama dengan Intensi Propososial Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Jurnal Psikologi Vol 1 No 2.
Khan, A., Fleva, E., & Qazi, T. (2015). Role of Self-Esteem and General Self-Efficacy in Teachers’ Efficacy in Primary Schools. Psychology, 06(01), 117–125. https://doi.org/10.4236/psych.2015.61010
Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409
Lunenburg, F. C. (2011). Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. In INTERNATIONAL JOURNAL OF MANAGEMENT (Vol. 14).
Ma’arif Miftachul. (2022). Faktor Penentu Motivasi dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi.
Mada, Y. P. (2005). Analisis Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif dan Kontrol Kepemilikan yang Dirasakan terhadap Niat dan Perilaku Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud.
Mulyono R., S. O. , S. Y. , R. N. (2017). Pengaruh Intensi, Motivasi, dan Pemahaman Guru terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Usia Dini .
Naiborhu, I. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNESA Melalui Edikasi Diri. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124
Nuzulia, S. (2010). Dinamika Stress Kerja, Self Efficacy dan Strategi Coping. Jurnal Universitas Diponegoro.
Oktapialdi, R., Tarigan, M., & Ariez Musthofa, M. (2018). Pengembangan Skala Social Desirability. In Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi (Vol. 2, Issue 1).
Perdana F. J. (2019). Pentingnya Kepercayaan diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktivan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Jurnal Edueksos, VIII(2), 70.
Perugini, M., & Bagozzi, R. P. (2004). The distinction between desires and intentions. European Journal of Social Psychology, 34(1), 69–84. https://doi.org/10.1002/ejsp.186
Putri Diana, & Agustina. (2023). GAMBARAN PERSEPSI PERNIKAHAN PADA PEREMPUAN DEWASA MUDA DENGAN LATAR BELAKANG ORANG TUA BERCERAI DAN FATHERLESS . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 720-731. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.181
Rahmadiyani, S., Sri Hariani, L., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5, 1. http://ejournal.unikama.ac.idHal|10
Ratri Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.
Restu Nadya, & Linda Wati. (2023). PROBLEMATIC INTERNET USE DAN KUALITAS TIDUR PADA DEWASA AWAL. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 412-419. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.150
Rikardo Parhusip, B., Wisnu Saputra, T., & Marko Ayaki, I. (2021). Implementation of Project Based Learning by Solid Works Application in Online Learning during the COVID-19 Pandemic. American Journal of Educational Research, 9(7), 431–434. https://doi.org/10.12691/education-9-7-6
Safaria, T. (2016). Peran Efikasi DIri, Pola Asuh Otoritas, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kematangan Karir. Jurnal Psikologi , 43.
Santoso, B. (2012). Definisi, Peran Dan Fungsi Mahasiswa.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar.
Sukarman. (2016). Perbedaan Self Effikasi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Siswa di MTS Darul Fatihin NW Gerintuk Kabupaten Lombok Timur. JUPE.
Supandi, A., Sahrazad, S., Nugroho Wibowo, A., & Widiyarto, S. (2020). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0.
Suprapti, N. W. S. (2010). Prilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Udayana University Press.
Tambunan, E. S., Tambunan, W., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Self-Efficacy Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 1 Habinsaran. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Tarmansyah. (2009). Pelaksanaan Pendidikan Inklusifdi SD Negeri 03 Alai Padang Utara Kota Padang. PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi
Vemmy Caecilia. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Wardhani, D. T. (2012). Burnout di Kalangan Guru Pendidikan Luar Biasa di Kota Bandung. In Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung. http://diskominfo.kaltimprov.go.id
Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru yang Profesional. Economic Education Analysis Journal . http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Zakia, D. L. (2015). Guru Pembimbing Khusus: Pilar Pendidikan Inklusi. Prosiding Ilmu Pendidikan.
Published
2024-01-23
How to Cite
Elthamasta Vigiliani Lahagu, & Pamela Hendra Heng. (2024). HUBUNGAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PSIKOLOGI TERHADAP INTENSI MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1392-1403. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.231