PERAN FEAR OF MISSING OUT, SELF CONTROL, POLA ASUH AUTHORITATIF TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Irene Fanri Putri Universitas Tarumanagara
  • Fransisca Iriani Roesmala Dewi Universitas Tarumanagara
Keywords: Fear of Missing Out, Self Control, Pola Asuh Authoritative, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat fear of missing out, self control, dan pola asuh authoritative berperan terhadap adanya prokrastinasi akademik dewasa awal. Prokrastinasi akademik merupakan kegiatan menunda yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran akademik. Prokrastinasi akademik ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini berasal dari dalam individu itu sendiri, seperti kurang bisa mengontrol diri dan juga memiliki pengalaman fear of missing out akan lingkungan sosial. Faktor eksternal berasal dari lingkungan individu yaitu pola asuh orang tua ataupun kondisi lingkungan sosial. Dewasa awal yang berusia 18 hingga 25 tahun, direkrut dalam penelitian ini dengan teknik non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan convenience sampling dengan metode snowball. Parrtisipan yang terlibat berjumlah 229 orang yang diperoleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner Fear of Missing Out Scale, The Brief Self Control Scale, Alat ukur pola asuh authoritative yang diperoleh dari Bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, dan Tuckman’s Procrastination Scale. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fear of missing out tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik karena menunjukkan nilai signifikasi p > 0.05. Sedangkan self control berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikasi p > 0.05, begitupun dengan pola asuh authoritative yang berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikasi p > 0.05. Secara bersama-sama, fear of missing out, self control, dan pola asuh authoritative secara signifikan berperan terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikasi p > 0.05.

References

Abdelraheem, A. Y., & Ahmed, A. M. (2018). The impact of using Mobile Social Network Applications on Students’ Social-Life. International Journal of Instruction, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1121a
Andamari, A., & Hariastuti, R., T. (2022). Studi Kepustakaan tentang Prokrastinasi Akademik dan Kontrol Diri Siswa SMA. Jurnal BK UNESA, 12(6), 1245-1247.
Asmid, U. A., & Karneli, Y. (2022). PENGARUH COPING STRESS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FKIP UHAMKA. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(1), 8-15.
Aznar-Díaz, I., Romero-Rodríguez, J. M., García-González, A., & Ramírez-Montoya, M. S. (2020). Mexican and Spanish university students’ Internet addiction and academic procrastination: Correlation and potential factors. PloS one, 15(5), e0233655.
Balqis, A. I., & Andina, P. C. (2022). Trait Self-Control Memoderasi Pengaruh Fear of Missing Out terhadap Prokrastinasi Akademik. Psychological Journal: Science and Practice, 2(1), 79-82.
Cahyadewi, M. Y., Monika, M., & Tasdin, W. (2022). Peran Phubbing terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Generasi Z di Jabodetabek. Journal on Education, 5(1), 627-638.
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 55.
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Peran Self-Efficacy Dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Sma X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159-169.
Cohen S, Wills TA. Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychol Bull. 1985;98:310–357. doi:10.1037/0033- 2909.98.2.310
Dewi, F. I. R., & Sari, M. P. (2022). Motivation for Instagram Use, Passive Instagram Use and Fear of Missing Out (FoMO). Jurnal Komunikasi, 14(1), 251-262.
Fanny Febrianti, & Untung Subroto. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 799-811. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.183
Ferris AL, Hollenbaugh EE, Sommer PA. Applying the uses and gratifications model to examine consequences of social media addiction. Soc Media Soc. 2021;7:20563051211019003.
Gillebaart, M. (2018). The ‘operational’ definition of self-control. 430 Frontiers in Psychology,9,1231. https://doi.org/10.3389/fpsyg. 431 2018.01231
Gupta, M., & Sharma, A. (2021). Fear of missing out: A brief overview of origin, theoretical underpinnings and relationship with mental health. World journal of clinical cases, 9(19), 4881.
Hagger MS, Wood C, Stiff C, Chatzisarantis NLD. Ego depletion and the strength model of self-control: a meta-analysis. Psychol Bull. 2010;136:495–525.
Hayani, H. (2021). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Kecanduan Media Sosial Instagram Pada Remaja. Humanistik'45, 9(1), 15-25.
Kircaburun K, Alhabash S, Tosunta B, Griffiths MD. Uses and gratifications of problematic social media use among university stu-dents: a simultaneous examination of the big five of personality traits, social media platforms, and social media use motives. Int J Ment Health Addict. 2018;18:525–547. doi:10.1007/s11469-018-9940-617.
Laia, B., D. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159–168.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). Prokrastinasi akademik siswa SMA negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Li L, Griffiths MD, Mei S, Niu Z. Fear of missing out and smart-phone addiction mediates the relationship between positive and nega-tive affect and sleep quality among Chinese university students. Front Psychiatry. 2020;11:1–44.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.
Muâ, K. (2021). FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 30-33.
Mukhtar., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan self-control siswa. Psikopedagogia, 5(1)
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa 489 program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal 490 Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52. http://doi.org/10.25273/ 491 counsellia.v8i1.1868
Nagari, W. S., Yuliansyah, M., & Handayani, E. S. (2023). HUBUNGAN FOMO DAN ANXIETY TERHADAP REMAJA ADIKSI MEDSOS DI SMKN 1 MARTAPURA. Media Bina Ilmiah, 17(6), 1225-1238.
Oxford, (2020). Oxford Learners Dictionaries. Diakses Desember 2023, melalui https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/
Pasaribu, A. G. R., Al Fauzi, F., & Khairi, L. I. (2022). Hubungan Penggunaan Twitter Secara Pasif dengan Fear of Missing Out (FoMO): indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 308-318.
Peixoto, Evandro Morais, Pallini, Ana Celi, Vallerand, Robert J., Rahimi, Sonia, & Silva, Marcus Vinicius. (2021). The role of passion for studies on academic procrastination and mental health during the COVID-19 pandemic. Social Psychology of Education, 24(3), 877–893. https://doi.org/10.1007/S11218-021-09636-9/FIGURES/2
Penney, A. M., Crompton, J., Hutchison, T. (2018). Procrastination 504 and anxiety: Exploring the contributions of multiple anxiety- 505 related disorder. Current Issues in Personality Psychology, 6(2), 506 122-129. https://doi.org/10.5114/cipp.2018.73054
Pradnyaswari, N. M., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran self control dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 32-43.
Przybylski, A. K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of misising out. Computers in Human Behavior. 29(4), 1841-1848.
Putri Diana, & Agustina. (2023). GAMBARAN PERSEPSI PERNIKAHAN PADA PEREMPUAN DEWASA MUDA DENGAN LATAR BELAKANG ORANG TUA BERCERAI DAN FATHERLESS . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 720-731. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.181
Rahmah, R. A. (2018). Pengaruh Strategi Coping dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 221-27.
Restu Nadya, & Linda Wati. (2023). PROBLEMATIC INTERNET USE DAN KUALITAS TIDUR PADA DEWASA AWAL. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 412-419. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.150
Saija, A., Silalahi, P. Y., Bension, J. B., & Sulfiana, S. (2020). Pengaruh Self Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Pattimura Ambon. Molucca Medica, 38-42.
Sari, W. L. & Fakhruddiana, F. (2019). Internal locus of control, 513 social support and academic procrastination among students in 514 completing the thesis. International Journal of Evaluation and 515 Research in Education, 8(2), 363-368. https://doi.org/10.11591/ 516 ijere.v8i2.17043
Shabrina, G., Sunawan, S., & Anni, C. T. (2019). Optimisme dan Kontrol Diri dengan Coping Stress pada Mahasiswa S1Bimbingan dan Konseling UNNES. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 19-25.
Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic procrastination: 522 Psychological antecedents revisited. Australian Psychologist, 523 51, 36-46. https://doi.org/10.1111/ap.12173
Suhadianto, N.P. (2019). Eksplorasi faktor penyebab, dampak, 525 dan strategi untuk penangana prokrastinasi akademik pada 526 mahasiswa. Jurnal Riset Aktual Psikologi, 10(2). http://ejournal. 527 unp.ac.id/index.php/psikologi/
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (2) (2015): 162-165.
Tarigan, P., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Pola Asuh Demokratis Orang tua dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area The Correlation between Emotional Intelligence and Parenting Democratic with Academic Procrastination College. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2001-2014.
Triyono, T., & Khairi, A. M. (2018). Prokrastinasi akademik siswa SMA (Dampak psikologis dan solusi pemecahannya dalam perspektif psikologi pendidikan islam). Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 19(2), 57-74.
Udayana, J. P. (2019). Peran Kontrol Diri Dan Pola Asuh Autoritatif Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 249-260.
Wati, O. D. S., Hotifah, Y., & Ramli, M. (2022). Pengembangan Panduan Teknik Flooding dalam Konseling Behavioral untuk Mereduksi Fear of Missing Out Siswa Sekolah Menengah Atas. Buletin Konseling Inovatif, 1(2), 55-63.
Published
2024-01-10
How to Cite
Irene Fanri Putri, & Fransisca Iriani Roesmala Dewi. (2024). PERAN FEAR OF MISSING OUT, SELF CONTROL, POLA ASUH AUTHORITATIF TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1213-1227. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.228