PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENABUNG PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) UNIT BANDAR BUAT INDARUNG PADANG

  • Agus Sutardjo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti
  • Lusi Fauziah
Keywords: fabrikasi,, prinsip just in time,, PT. Petrokimia Gresik

Abstract

Bank BRI Unit Bandar Buat merupakan suatu instansi pelayanan jasa dalam dunia perbankan yang mulai beroperasi pada 02 Januari 1975. Data diperoleh pada Bank BRI Unit Bandar Buat terjadi kenaian jumlah nasabah dari tahun 2015 hingga 2019 yaitu rata-rata 2.086 orang. Peningkatan jumlah nasabah ini dapat menunjukkan seberapa tinggi kepuasan yang dirasakan nasabah dalam memperoleh pelayanan dan fasilitas dari Bank BRI Unit Bandar Buat Padang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Nasabah Penabung pada Bank BRI Unit Bandar Buat. Metode pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini menjadi sampel adalah seluruh Nasabah Bank BRI Unit Bandar Buat Padang pada tahun 2019. Populasi diambil adalah 20.834 orang pada tahun 2019 dan sampel 100 orang, teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) Hasil uji t ditemukan nilai t hitung 3,662 dan nilai (sig = 0,000< 0,05). Dengan df = 99-2= 97 diperoleh ttabel sebesar 1.661, dari hasil di atas dapat dilihat bahwa thitung > ttabel atau 3,662 > 1.661, maka kualitas pelayan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penabung pada PT. BRI (Persero) Unit Bandar Buat Indarung Padang, (2) Hasil uji t ditemukan nilai t hitung 4,365 dan nilai (sig = 0,000< 0,05). Dengan df = 99-2= 97 diperoleh ttabel sebesar 1.661, dari hasil di atas dapat dilihat bahwa thitung > ttabel atau 4,365 > 1.661, maka fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penabung pada PT. BRI (Persero) Unit Bandar Buat Indarung Padang dan (3) Variabel kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah penabung pada PT. BRI (Persero) Unit Bandar Buat Indarung Padang.

References

Ahmad Mansyur Pane,2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di Zona Futsal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Ambika Shastri,2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Bengkel Motor Paramitha Graha Denpasar. EMBA Vol.2 No2.
Brian Faizal. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan terghadap kepuasan pelanggan PT. ARTHA BANGUN CEMERLANG. Volume VII, No 3, September 2013
Dinni Fadhila,2017. Pengaruh Kualitas Pelayan dan Pengetahuan Nasabah terhadap Kepuasan pada Bank Muamalat Indonesia Unit Pondok Indah jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta
Duhita Ayu, 2010. Analissi Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Warung Internet (Studi pada Warung Internet di Sekitar UNDIO Peleburan). Skripsi. Universitas Diponegoro
Danti Nurul Alam,2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhu Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Loyalitas Pngguna Jasa Travel Bejeu (Studi pada travel Bejue Semerang). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2013, Hal. 1-12 http://ejournals1. undip.ac.id/index.php/
Danang Darunto. 2016. Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. MS Tour an Travel. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta
E.S Wika Nilasari Istiatin,2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pda Bengkel Ramayana Motor Sukoharjo. EMBA Vol.1 No.4.
Etika Grismartanti. 2015. Pengaruh harga dan kualitas pelyanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. FULLMOON EXPRESS TOUR AND TRAVEL. Sripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Fendi. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada JNE Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Fitri Mardona, 2017. Pengaruh Kualitas Layana terhadap Nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Unit 16 Ilir Palembang. Skripsi. UIN Raden Patah Palembang.
Irina Fatmawati,2015. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Kevin Simon. 2016. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tour and Travel. Volume 1 No. 3.Jurnal Performa. Jurnal Manajemen dan Star Up Bisnis
Palenewen, Pieter dkk. Kualitas Layanan dan Fasilitas Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI Unit Pembantu Palu. Jurnal EMBA. 3. September 2014.
Sri Islimiati,2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Costumer tehadap Kepuasan Nasabah pada PT.BRI Syariah Kantor Unit Palembang. Skripsi. UIN Raden Patah Palembang.
Septiana Dwi Exmawati,2010. Pengaruh Layanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Tulungangung. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung
Published
2023-12-31
How to Cite
Agus Sutardjo, & Lusi Fauziah. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENABUNG PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) UNIT BANDAR BUAT INDARUNG PADANG. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1303-1313. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.226