HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA

  • Chintya Romansa Universitas Tarumanagara
  • Niken Widi Astuti Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara;
Keywords: Pola Asuh Demokratis, Motivasi Belajar, Remaja

Abstract

Penelitian yang penulis buat bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan motivasi belajar pada remaja. Pola asuh demokratis menurut Baumrind adalah dimana orang tua menuntun anaknya dalam bertindak dan memilih dan motivasi belajar adalah keinginan seseorang untuk meningkatkan semangat belajar dari diri sendiri atau dari luar untuk melakukan kegiatan belajar hingga mencapai satu tujuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental, pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 320 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen pola asuh Authoritative yang diperoleh dari Bagian Riset dan Pengukuran fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara untuk mengukur pola asuh demokratis, dan menggunakan Academic Motivation Scale-Short Indonesian Language Version untuk mengukur motivasi belajar. Dikarenakan data pola asuh bersifat nominal sehingga tidak memungkinkan adanya uji korelasi, peneliti menggunakan uji beda untuk mengukur kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan hasil terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan motivasi belajar.

References

Anggraini, R. (2014). Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa. Jurnal ilmiah pendidikan bimbingan dan konseling, 2(1), 25-33.
Aulia, S., Meilani, T., & Nabillah, Z. (2022). Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini. Jurnal Pendidikan, 31(2), 237-244.
Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 461.
BatubaraS., & Nugroho R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTSN 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(01), 8-16.https://doi.org/10.34005/guidance.v18i01.1472
Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran orangtua dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 221-228.
Chumairo, N. A., & Indriastuti, Y. (2022). Analisis Resepsi Milenial Terhadap Ageisme Pada Film Senior Year. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 13(2), 69-78. https://doi.org/10.32505/hikmah.v13i2.5336
Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020, October). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi covid-19. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2433-2441).
Dewi, I. S. ., Fauzi, I. ., & Sukmawarti, S. (2022). Motivasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dengan Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2951–2955. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5933
Dwi, P. S. (2019, Mei 22) . Sebanyak 46% Penduduk DKI Jakarta berstatus lajang. Statistik sektoral provinsi DKI Jakarta. https://statistik.jakarta.go.id/lebih-dari-46-penduduk-dki-jakarta-berstatus-lajang/#:~:text=Rata%2Drata%20usia%20menikah%20untuk,DKI%20Jakarta%2 0adalah%2024%20tahun.
Devi.C.N,.(2012).Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Authoritative Orang Tua Terhadap Self-Regulated Learning Pada Remaja “ B “ [ Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan ].Universitas Tarumanagara.
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2 (2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Fahri, F., & Lubis, M. J. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364-3372.
Fakhriyah, F., & Pratiwi, I. A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(4), 2513-2520.
Fazira, S. H. ., Handayani, A. ., & Lestari, F. W. . (2023). Faktor Penyebab Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2227–2234. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13500
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Fitriany, J. (2021). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMAN 17 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Hendrawan, S. T. A., & Sulastra, M. C. (2022). Studi Komparasi Dimensi Parenting Style terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA "X". Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2),137–146. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1478
Herawati, I., & Hidayat, A. (2020). Quarter Life Crisis Pada Masa Dewasa Awal di Pekanbaru. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 145-156. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1036
Hizam, I., & Hamdi, M. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI DAN MI ATTARBIYAH ADDINIYAH GERSIK LOMBOK BARAT. SOCIETY 11(1), 1–11. https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2290
Hopkins, E. G., Lyndon, M. P., Henning, M. A., & Medvedev, O. N. (2021). Applying Rasch analysis to evaluate and enhance the Academic Motivation Scale. Australian Journal of Psychology, 73(3), 348-356.
Irfan, M., Nursiah, S., & Rahayu, N. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial (medsos) secara positif terhadap motivasi belajar siswa sd negeri perumnas kecamatan rappocini kota makassar. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 9(3), 262-272.
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60. P-4 Kurnia, T., & Prawira, Y. A. (2020). Pemenuhan aspek afektif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh melalui komitmen belajar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 40-41.
Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M. A., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54-62.
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.
Maba, A. P., Pratiwi, B. D., Cahyani, A. I., & Yusuf, M. (2020). THE SOROGAN VERSION OF ACADEMIC MOTIVATION SCALE (AMS-VS) FOR ISLAMIC BOARDING SCHOOL STUDENTS. Jurnal Psikologi, 19(4), 402-416.
Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(01), 1-9
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak (studi kasus pada anak usia 3-4 tahun di KBI al madina sampangan tahun ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media
Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173-179.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1)..
Natarezwa, M. K. R., & Heng, P. H. (2023). The Relationship Between Learning Motivation and Academic Procrastination in Final Year Students in the Covid-19 Endemic Era. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(4), 2336-2344. Novita. (2022,31). Tugas Perkembangan Anak dan Stimulasinya.Kementerian Kesehatan Direktorat Pelayanan .Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/751/tugas-perkembangan-anak-dan -stimulasinya
Nuryatmawati, A. M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81-92.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.
Nur Alfaeni, D. K., & Rachmawati, Y. (2023). Etnoparenting: Pola Pengasuhan Alternatif Masyarakat Indonesia. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(1), 51–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.432
Pieter,H. (2018).Perbedaan Kepuasan Hidup Remaja Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua.
Putri, D. A., & Hutasuhut, D. H. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. DARUL
Ragita, S. P., & Fardana, N. N. A. (2021). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kematangan emosi pada remaja. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 417-424.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati, A. N. (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Milenial terhadap
Pembentukan Keterampilan Berpikir Abad 21. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 12(1), 21–36. https://doi.org/10.29080/jbki.2022.12.1.21-36
RIAN, A. (2021). PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI SMP N 3 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rizky, R.M.(2018 ) Pola Asuh Orang Tua dalam Mengatasi Kenakalan Anak di SMP Negeri 31 Purworejo [ Skripsi ], Universitas Islam Indonesia:Yogyakarta.
Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ipa siswa smp berbasis pesantren. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12-17.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.
Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.
Sutisna, I. (2021). Mengenal model pola asuh baumrind. ARTIKEL, 1(6659).
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506-5518.
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.
Veronika.(2019).Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMA “ A “ [ Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan ].Universitas Tarumanagara.
Viva,B.,K.(2022, September 20 ) Hanya 6% Warga Indonesia yang
Berpendidikan Tinggi pada Juni 2022 Databoks.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/hanya-6-wa rga-indonesia-yang-berpendidikan-tinggi-pada-juni-2022
Winata, I. K. ( 2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.
Yuliastuti, E. M., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Kristen 2 Salatiga. Journal Psikologi Konseling, 15(2).
Published
2023-12-28
How to Cite
Chintya Romansa, & Niken Widi Astuti. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 852-862. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.188