Strategi Green Marketing Communicationm Baterai Isi Ulang Smartoools Melalui Media Sosial (Tiktok, Instagram dan Youtube)

  • Regita Hening Ajeng Baroto Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: Green Marketing, Social media, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi green marketing communication baterai isi ulang Smartoools  melalui media sosial Tiktok, Instagram dan Youtube. Smartoools merupakan Perusahaan yang menjual baterai isi ulang yang dapat di cas dengan kabel cas hp. Smartoools menggunakan media sosial Tiktok, Instagram dan Youtube sebagai tempat pemasaran. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi green marketing communication baterai isi ulang Smartoools melalui media sosial Tiktok, Instagram dan Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi green marketing communication baterai isi ulang Smartoools melalui media sosial Tiktok, Instagram dan Youtube.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles and Huberman dengan menggunakan teori green marketing . Dari hasil wawancara dan didukung dengan bukti pada akun Instagram Smartoools ,  strategi green marketing communication baterai isi ulang Smartoools melalui media sosial Strategi green marketing communication melalui media sosial telah menerapkan prinsip Green Marketing yakni, Product dan Promotion seperti yang dijelaskan oleh (Polonsky, 1994). Meskipun pada dasarnya Smartoools tidak mengerti dan tidak berniat  untuk melakukan green marketing. Namun tanpa mereka sadari, mereka telah melakukan proses strategi green marketing melalui media sosial

References

Achmad Budiono. (2003). PENGARUH PENCEMARAN MERKURI TERHADAP BIOTA AIR.
Alfiah, S. D., & Yusiana, R. (2020). PENGARUH GREEN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS BAGOES PT GREENERATION INDONESIA KOTA BANDUNG THE INFLUENCE OF GREEN BRAND ON PURCHASE DECISION OF BAGOES BAG PT GREENERATION INDONESIA BANDUNG.
Artanti, Y., Hari Prasetyo, F., & Sulistyowati, R. (2019). How Social media Marketing Influences Online Purchasing Decision: Study of the Viral Marketing and Perceived Ease of Use. KnE Social Sciences, 3(11), 988. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4066
Ayu, I., Ramadhana, A., Hidayat, Z., Irwanto, J., Widya, S., & Lumajang, G. (2020). Tupperware (Studi Kasus pada Persit Kodim 0821 Lumajang). Journal of Organization and Business Management , 3, 42–47. http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm|42
Ayuningtyas, & Mifta MAya. (2022). STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING PT. ARES KUSUMA RAYA PADA AKUN INSTAGRAM @CHEFMATECHOCOLATE. 22–30.
Bansal, R., Zehra Masood, R., & Dadhich, V. (2014). Social media Marketing-A Tool of Innovative Marketing. In An International Journal HATAM Publishers J. Org. Management (Vol. 3, Issue 1).
Dadang. (2016, February 11). Waspada, Ini Bahaya Membuang Baterai Sembarangan. Www.Its.Ac.Id.
Davis, J. L. (2016). Social Media. In The International Encyclopedia of Political Communication (pp. 1–8). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118541555.wbiepc004
Effendy, O. Uchjana., & Surjaman, Tjun. (1990). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Elvinaro Ardianto. (2010). Metodologi penelitian untuk public relationskuantitatif dan kualitatif . Esd, A. /, & Rev. (2014). Material and Energy Flows in the Materials Production, Assembly, and End-of-Life Stages of the Automotive LithiumIon Battery Life Cycle Energy Systems Division. www.anl.gov.
Evans, D. (2013). Social media Marketing: An Hour a Day (2nd ed.).
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM. In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 5, Issue 2).
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media .
Gaines, L. (2014). The future of automotive lithium-ion Battery recycling: Charting a sustainable course. Sustainable Materials and Technologies, 1,2–7. https://doi.org/10.1016/j.susmat.2014.10.001
Ilmiah, J., & Makna, K. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. 8(2). https://doi.org/10.30659/jikm.8.2.87-98
Indra Kusuma, E., Surya, J., Suhendra, I., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2017). PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada memberTupperware di Kota Rangkasbitung). www.menlh.go.id
Karlina, G., & Setyorini, R. (2018). Pengaruh Green marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Mediator. In Management & Accounting Expose e-ISSN (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/accounting
Komang, I., Putra, R., & Darma, G. S. (n.d.). Process of Decisions Making Purchase Online on Instagram Social Media. International Journal of Business, Economics & Management, 3(1), 165–171. https://doi.org/10.31295/ijbem.v3n1.167
Kotler, P., & Armstrong, G. (Gary M. ). (2017). Principles of Marketing. Measurement Social media Marketing dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Aplikasi Belanja Online Shopee. (n.d.).https://dvs.co.id/27 Miles, & Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis Model.
Muhammad, A. (2020). PENERAPAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT DI UKM JOHN ANGLO LEATHER SURABAYA KERJA PRAKTIK.
Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1).
Nugroho Aji, W. (2018). Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia | 431 (PIBSI) XL.
Philip Kotler. (2009). Manajemen Pemasaran (4th ed.).
Polonsky, M. J. (1994). An Introduction To Green marketing. Electronic Green Journal, 1(2). https://doi.org/10.5070/g31210177
Punet Singh Bhatia. (2020). Social media and Mobile Marketing Strategy. Wiley.
Purnomo, A. D., & Masdiono, T. (2020). Buku Seni (Artist’s Book) Sebagai Media Diplomasi Budaya Indonesia-Jerman. Jurnal Seni Budaya, 35(1), 1– 6.
Rashad Yazdanifard, A., Yazdanifard, R., & Erdoo Mercy, I. (2011). The impactof Green marketing on Customer satisfaction and Environmental safety Strategic Management View project Marketing View project The impact of Green marketing on Customer satisfaction and Envi-ronmental safety (Vol. 5). IACSIT Press. https://www.researchgate.net/publication/268502673
Santoso, F. H., & Halomoan, N. (2022). KAJIAN PENGELOLAAN LIMBAH BATERAI SEKALI PAKAI DARI KEGIATAN RUMAH TANGGA DI KOTA BANDUNG, PROVINSI JAWA BARAT STUDY OF PRIMARY BATTERY
Published
2023-12-24
How to Cite
Regita Hening Ajeng Baroto Putri. (2023). Strategi Green Marketing Communicationm Baterai Isi Ulang Smartoools Melalui Media Sosial (Tiktok, Instagram dan Youtube). Journal of Social and Economics Research, 5(2), 732-747. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.177