ANALISIS PENERAPAN TRIPLE BOTTOM LINE SEBAGAI KUNCI KEBERLANJUTAN BAGI PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE

  • Maria Yovita R. Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Shofianti Prisilia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Aurora Fahriza Pribadi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Cindy Larissa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Triple Bottom Line, Sustainability Report, Perusahaan Makanan dan Minuman

Abstract

Di era modern ini, ketika isu-isu lingkungan, sosial, dan ekonomi semakin mendominasi perhatian masyarakat global, perusahaan dituntut untuk mengintegrasikan pertimbangan keberlanjutan dalam strategi bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Triple Bottom Line pada perusahaan food and beverage terutama perusahaan yang telah menerapkan go green dengan melihat laporan akuntansi keberlanjutan tahun 2018 dan tahun 2022. Metode penelitian ini menggabungkan aspek deskriptif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Penelitian akan menggunakan 3 perusahaan food and beverage yang sudah go green dan mempublikasikan sustainability report, yaitu PT. Nestle Indonesia, PT. Unilever Indonesia Tbk, dan The Coca Cola Company. Teknis analisis data dengan time series dan cross section. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga perusahaan telah melakukan tanggung jawabnya secara konsisten kepada people dan planet di tahun 2018 dan 2022. Sedangkan untuk profit hanya 1 perusahaan yang mengalami kenaikan dan 2 lainnya mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor.

References

Ahmaddien, I., & Susanto, B. (2020). Eviews 9 Analisis Regresi Data Panel. Gorontalo: Ideas Publishing.
Ardhiansyah, F., & Pramelani. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibilityberdasarkan Konsep Triple Bottom Line Pt Bank Syariah Xyz Tahun 2018,2019 Dan 2020. Jurnal Ek&Bi, Volume4, Nomor 1, 393-402.
Basar, N. F., Hamzah, F., & Aisyah, N. (2023). Penerapan Konsep Triple Bottom Line Pada Usaha Ayam Potong Ud. Firmandi Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Akuntansi Kompetif Vol. 6, No. 1, 104-114.
Heriyani, Dp, E. N., & Silfi, A. (2019). Analisis Pengungkapan Triple Bottom Line Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Studi Di Perusahaan Indonesia Dan Singapura. Jurnal Akuntansi, Vol. 8, No. 1, 67-79.
Lumi, C. A., Pio, R. J., & Rumawas, W. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility Berdasarkan Konsep Triple Bottom Line Pada Pt Bank Sulut Go. Productivity, Vol. 4 No. 4, 444-449.
Putra, I. G., & Larasdiputra, G. D. (2020). Penerapan Konsep Triple Bottom Line Accounting Di Desa Wisata Pelaga (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Tani Asparagus). Jurnal Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi; Vol. 11, No. 2, 129-136.
Rahmadi, H. et al., 2023. PENGANTAR AKUNTANSI : Konsep Dasar dan Praktik Terkini. Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Temalagi, S., & Borolla, L. (2021). Penerapan Konsep Triple Bottom Line Accounting Di Desa Telalora Pulau Masela (Studi Kasus Pada Petani Rumput Laut). Conference On Economic And Business Innovation Vol. 1 No.1, 1-11.
Yunianto, T. K. (2022, Oktober 27). Naik 2,8%, Coca-Cola Raih Laba Bersih US$ 2,8 Miliar Meski Harga Naik. Dipetik November 03, 2023, dari www.marketeers.com: https://www.marketeers.com/naik-28-coca-cola-raih-laba-bersih-us-28-miliar-meski-harga-naik/
Published
2023-12-20
How to Cite
Maria Yovita R. Pandin, Shofianti Prisilia, Aurora Fahriza Pribadi, & Cindy Larissa. (2023). ANALISIS PENERAPAN TRIPLE BOTTOM LINE SEBAGAI KUNCI KEBERLANJUTAN BAGI PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 579-586. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.162