EKSISTENSI JURNALIS PEREMPUAN SEBAGAI KONTRIBUTOR
Abstract
Penelitian ini melalui pendekatan fenomenologis secara khusus ingin mengurai bagaimana peran kontributor perempuan Times Indonesia dalam menjalankan tugasnya, bagaimana profesionalismenya dapat menjalankan peran sebagai jurnalis juga mengimbangin dengan perannya yang lain sebagai ibu dalam keluarga. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data ialah wawancara mendalam (Indepth Interviewing) dan observasi langsung. Untuk teknik analisis menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data dan Conlusion Drawing/Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Selaku kontributor, jurnalis perempuan Times Indonesia di Kota Palu mengambil peran yang esensial. Bukan hanya mengambil bagian dalam melaksanakan fungsi-fungsi jurnalistik tetapi ikut terlibat dalam manajerial Times Indonesia di Kota Palu dan sekitarnya. Peran jurnalis perempuan selaku kontributor di Times Indonesia jauh lebih kompleks dan dilibatkan secara penuh dalam setiap keputusan.
References
Adrian, Donal. Relationship dalam Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus: Pembentukan, Pemeliharaan dan Dinamika Relationship dalam Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Sulawesi Tengah dan Mahasiswa Jawa di Yogyakarta). Universitas Sebelas Maret, 2016.
Autry, A. J., & Berge, Z. (2011). Digital natives and digital immigrants: getting to know each other. Industrial and Commercial Training, 43(7), 460–466. https://doi.org/10.1108/00197851111171890
Črešnar, R., & Jevšenak, S. (2019). The millennials’ effect: How can their personal values shape the future business environment of industry 4.0? Naše Gospodarstvo/Our Economy, 65(1), 57–65. https://doi.org/10.2478/ngoe2019-0005
Hartman, J. L., & McCambridge, J. (2011). Optimizing millennials’ communication styles. Business Communication Quarterly, 74(1), 22–44. https://doi.org/10.1177/1080569910395564
Hidayatullah, Syarif, dkk. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi GoFood. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(2)
Hratko, D. A. (2010). Exploring the communication styles of the traditionalist, baby boomer, generation X, generation Y, and millennial generation. https://stars.library.ucf.edu/honorstheses1990-2015/1007
Ilyas, 2017. Konstruksi Identitas Etnik Untuk Memperoleh Akses Ekonomi dan tuntutan Corporate Social responsibility (Studi Kasus pada Komunitas Etnik lokal di Sekitar Tambang Migas Tiaka, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah). Universitas Padjadjaran.
Madiistriyatno, Harries & Dudung Hadiwijaya. 2019. GENERASI MILENIAL: Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis dan Adversity Quotient (AQ). Indigo Media: Tangerang.
Mannan, Audah. (2019). Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Kepada Dosen Melalui Smartphone. Jurnal Aqidah-Ta V(1) Mulyana Dedy. 2014. Perkembangan Teknologi Informasi: New Media, Jurnal Umum Unpa.
Nurdin, A. (2019). The Use of Social Media Digital Native and Digital Immigrant Muslim Generation in Surabaya. Proceeding of International Conference on Da’wa and Communication, 1(1), 134–147.
Nurdin, Ali & Mufti Labib. (2021). Komunikasi Sosial Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5 (2)
Parhan, M., Jenuri, J., & Islamy, M. R. F. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikasi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187–197.
Prayogi, R., Prasetya, R. A., & Riadi, B. (2021). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Generasi Milenial. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 9(1 Apr), 30–39.
Said, A., Budiati, I., Rahayu, T. R. B., & Raharjo (ed), A. P. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Zis, Sirajul Fuad Zis, Nursyirwan Effendi & Elva Ronaning Roem. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5 (1)