PENGARUH MODAL KERJA DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2017-2022

  • Mahdi Hendrich Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
  • Kemas Welly Angga Permana Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
  • Sri Winarni Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Politeknik Darussalam
  • Muhammad Deni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
  • Anton Trianto Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
Keywords: modal kerja,, likuiditas,, frofitabilitas

Abstract

Berkembangnya dunia pemasaran membuat banyak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modal kerja dan likuiditas berpengaruh terhadap profitabilitas, baik, baik secara parsial maupun silmutan. Populasi penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2017-2022, yaitu sebanyak 6 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Sampel yang terpilih sebanyak 6 perusahaan. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan masing-masing perusahaan yang dipublikasikan melalui situs www.idx.co.id. Pengolahan data menggunakan metode analisis regresi berganda. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel modal kerja dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas, hal ini dapat diketahui dari nilai sig sebesar 0,008 yang menunjukkan nilai siginifikasi lebih kecil dari 0,05 atau 0,008 < 0,05. Secara parsial, variabel modal kerja berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, ini dapat diketahui dari nilai sig sebesar 0,010 lebih kecil dari 0,05 atau 0,010 < 0,05. Sedangkan, variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, hal ini dapat diketahui dari nilai sig sebesar 0,005 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.

References

Ambarwati, Novi Sagita dkk, 2015, Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.
Barus, Leliani.2013. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Bursa Efek Indonesia. Website: http://www.idx.co.id
Desiana, Fransiska dan Titin Hartini. 2014. Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share dan Price Earning Ratio Terhadap Retun Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi STIE MDP, 1-8.
Della, Maulan dan Aris Munandar. 2021. Pengaruh Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2019. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis.
Fadhilah, Anis. 2017. Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profiabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Minuman Yang Terdaftar Di BEI. Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.
Fahmi. Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta. Bandung.
Fatahillah, Hidayati. 2015. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas Aktifitas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Skripsi: S1 Fakultas Ekonomi UNISMA, Malang.
Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi tujuh.UPP AMP YKPN: Yogyakarta.
Hery, 2015. Analisa Laporan Keuangan. Edisi 1. Center For Academic Pulishing Services. Yogyakarta. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hariyanti Alimuddin. 2016. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada PT. Semen Tonasa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Makasar.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Irwandi, Maulan dan Choiruddin, 2015, Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Jurnal Akuntanika.
Hendrich, Mahdi. 2020. Pengaruh Return On Asset (ROA) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indonesia Periode 2017-2019. Jurnal Ilmiah Akuntansi.
Munawir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.
Novi dan Novi Permata. 2020. Pengaruh Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2018. Jurnal Ilmiah MEA
Rasyid. 2014. Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage Operasi Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Renil, Willy dan Laynita Sari. 2022. Pengaruh Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan
Sugiono, Arief dan Edi Untung. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. PT Gramedia. Jakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Bandung.
Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia.Yogyakarta.
Wahyuni, Asri Nur dan Suryakusuma. 2018. Analisis Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur. Program Studi Manajemen, STIE Bank BPD Jateng
Wibowo, Agus dan Sri Wartini. 2012. Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas dan Laverage Terhadap Profitabilitas. Jurnal Dinamika Manajemen Vol.3 No.1.
Weston dan Coopeland. Manajemen Modal Kerja (Edisi Indonesia). Cetakan Kelima.Graha Pustaka. Jakarta.
Published
2023-12-01
How to Cite
Mahdi Hendrich, Kemas Welly Angga Permana, Sri Winarni, Muhammad Deni, & Anton Trianto. (2023). PENGARUH MODAL KERJA DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2017-2022. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 153-170. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.138