ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN AFTERSALES KIA HARAPAN INDAH

  • Angelia Merdiyanti Politeknik STMI Jakarta
  • Nabila Dwi Lestari Politeknik STMI Jakarta
  • Yulius Jatmiko Nuryatno Politeknik STMI Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur beban kerja dan jumlah tenaga kerja optimal untuk menyelesaikan pekerjaan pada Departemen Aftersales KIA Harapan Indah. Metode penelitian yang digunakan adalah Full Time Equivalent (FTE) pada 6 jabatan, yaitu part admin, service advisor, technician, foreman, cashier dan security. Pengukuran nilai FTE dilakukan dengan menghitung beban kerja seluruh karyawan dalam satu jabatan selama periode waktu tertentu. Untuk itu diperlukan data frekuensi setiap unit pekerjaan, waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, dan jumlah orang yang melakukan suatu pekerjaan. Hasil pengukuran menunjukkan total beban kerja untuk jabatan part admin, service advisor, technician, foreman, cashier dan security masing-masing sebesar 70202 menit, 262766 menit, 640965 menit, 296685 menit, 105512 menit, dan 114672 menit. Adapun nilai FTE untuk jabatan part admin, cashier dan security berturut-turut sebesar 0,75, 1,02, dan 1,08 yang menunjukkan beban kerja berada pada kriteria normal. Sedangkan indeks FTE untuk jabatan service advisor, technician, dan foreman menunjukkan beban kerja pada kriteria overload dengan nilai masing-masing sebesar 2,21, 5,07, dan 2,46. Berdasarkan perhitungan kebutuhan tenaga kerja diperoleh jumlah karyawan optimal untuk jabatan Part Admin dan cashier masing-masing 1 orang, untuk jabatan Service Advisor dan Foreman masing-masing sebanyak 3 orang, untuk jabatan Technician sebanyak 7 orang, dan untuk jabatan Security sebanyak 2 orang.

Published
2023-12-07
How to Cite
Angelia Merdiyanti, Nabila Dwi Lestari, & Yulius Jatmiko Nuryatno. (2023). ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN AFTERSALES KIA HARAPAN INDAH. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 318-333. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.135