PENGARUH EKUITAS MEREK , KUALITAS PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG

  • Abdul Lathief Giffari Universitas Ahmad Dahlan
  • Fitroh Adhilla Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ekuitas Merek, kualitas produk, dan Word Of Mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pengguna smartphone SAMSUNG di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan google form dan populasi didalam penelitian ini menggunakan teknik penentuan sampel dengan Accidental Sampling dan analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan alat analisis SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ekuitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig. 0,044 < 0,05, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Nilai R square sebesar 0,760 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 76% dan sisanya 24% dijelaskan oleh variabel dari luar penelitian ini. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna smartphone Samsung yang berada di Yogyakarta sedangkan Sampelnya adalah sebagian dari pengguna smartphone Samsung yang ada di Yogyakarta.

References

Amstrong, P. K. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran . Jakarta: Erlangga.
Fahri, A. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Malang: Skripsi.
Ferdinand, A. d. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. d. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Keller, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Machanan Jaya Cemerlang.
Keller, P. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lingkan, M. d. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal, 493-502. (2021). Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Putri, I. I. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang: Universitas Diponegoro.
Rachmawati, A. Y. (2020). PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BANDUNG. jurnal, 1287-1297.
Rakhman, A. (2020). Pengaruh Partisipasi Staff Oprasional Perusahaan Dalam Inovasi Layanan. Jurnal.
Ramadhany, R. (n.d.). Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap k.
Rangkuti, F. (2003). Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sari, N. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy. Jurnal, 53-71.
Setiadi, N. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sonni, A. d. (2019). Program Studi Strata-1 Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan. jurnal, 42.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV ALFABETA.
Wijaya, R. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di Kota Makassar. Jurnal, 3.
Published
2023-12-07
How to Cite
Abdul Lathief Giffari, & Fitroh Adhilla. (2023). PENGARUH EKUITAS MEREK , KUALITAS PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 227-237. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.121