PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI HIJAU, EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI TERHADAP KUALITAS LAYANAN RUANG TERBUKA HIJAU RAMAH ANAK (RTHRA)

  • Ikhwatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Noor Baiti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Dewi Safitri Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: Akuntansi Hijau, Efektivitas Pembelajaran Anak Usia Dini, Kualitas Layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paradigma masyarakat selaku pihak yang merasakan langsung dampak implementasi kebijakan akuntansi hijau dengan pendirian RTHRA. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menyebarkan instrumen survei. Populasi penelitian ini adalah para pengunjung RTHRA sejumlah 50 orang reponden yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu untuk diberi bobot persepsi, dipelajari dan dianalisis kemudian ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan SPSS memberikan informasi bahwa nilai koefisien determinasi konstribusi atau sumbangan pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan (Bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan kata lain, variabel Penerapan akuntansi hijau dan variabel efektivitas pembelajaran anak usia dini secara simultan mempengaruhi kulitas layanan ruang terbuka hijau ramah anak (RTHTRA) di kota Banjarmasin. Melihat maraknya pembangunan ruang terbuka hijau ramah anak sebagai wujud pembangunan berkelanjutan, akuntansi hijau diimplementasikan pada pembangunan sarana dan prasarana, maka, efektivitas pembelajaran anak usia dini bermain sambil belajar dapat meningkatkan minat belajar anak dibarengi dengan perbaikan kualitas layanan di RTHRA

References

Ashari, M.H., Muawanah, U. and Lisa, O. (2020) ‘Keterkaitan Ukuran Organisasi Dan Pemahaman Manajemen Terhadap Penerapan Akuntansi Hijau (Green Accounting)’, Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 15(1), pp. 33–54. Available at: https://doi.org/10.25105/jipak.v15i1.6186.
Badawi, S.H. Al, Palupi, W. and Sujana, Y. (2018) ‘Efektivitas Permainan Edukatif terhadap Minat Belajar Anak’, Jurnal Kumara Cendekia, 6(3), pp. 1–8.
Chahal, H. and Sharma, R.D. (2006) ‘Implications of Corporate Social Responsibility on Marketing Performance: A Conceptual Framework’, International Management, 6(1), pp. 205–216.
Dita, E.M.A. and Ervina, D. (2021) ‘Pengaruh Green Accounting, Kinerja Lingkungan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Financial performance (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2018)’, JFAS : Journal of Finance and Accounting Studies, 3(2), pp. 72–84. Available at: https://doi.org/10.33752/jfas.v3i2.272.
Fitriani, F. (2019) ‘Efektifitas Pola Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Griya Nanda DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta’, Jurnal Serambi Akademica, 7(1), pp. 34–41. Available at: http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1095.
Hamalik Oemar (2015) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamidi, H. (2013) ‘Analisis Penerapan Green Accounting Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan’, Encyclopedia of Corporate Social Responsibility, 6(2), pp. 1286–1286. Available at: https://doi.org/10.1007/978-3-642-28036-8_100807.
Hendratno, S.P. (2016) ‘Corporate Point of View in Green Accounting’, Binus Business Review, 7(3), p. 247. Available at: https://doi.org/10.21512/bbr.v7i3.1499.
Indriantoro Nur, S.B. (2002) Metodologi Penelitian Bisnis untuk akuntansi dan manajemen. Yogyakarta: BPFE UGM.
Lako, A. (2016) ‘Transformasi Menuju Akuntansi Hijau’, CPA Indonesia, 7, pp. 52–54.
Lako, A. (2018) ‘AKUNTANSI HIJAU : Isu , Teori & Aplikasi’, (September).
Miarso Yusufhadi (2018) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. ke dua. Jakarta: Gramedia.
Mulyasa (2012) Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ningsih & Rachmawari (2017) ‘Implementasi Green Accounting Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan’, Implementasi Green Accounting Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan, 4(2), pp. 149–158.
Rohmawati, A. (2015) ‘Efektivitas Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), pp. 15–32.
Rosaline, V.D. et al. (2020) ‘Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Environmental Performance Terhadap Economic Performance’, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(3), pp. 569–578. Available at: https://doi.org/10.17509/jrak.v8i3.26158.
Rustanto, A.E. (2021) ‘Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada RPTRA di Wilayah Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19’, 7(April).
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiawati, E. and Novi, D. (2016) ‘Analisis Pengaruh Green Accounting Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pertambangan’, Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 6(1), pp. 865–872.
Sunarmin, S. (2020) ‘Green Technology Accounting as an Innovation to Reduce Environmental Pollution’, Neraca : Jurnal Akuntansi Terapan, 1(2), pp. 135–141. Available at: https://doi.org/10.31334/neraca.v1i2.862.
Sunyoto Danang (2016) Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Aditama.
Thornton, D.B. (2013) ‘Green accounting and green eyeshades twenty years later’, Critical Perspectives on Accounting, 24(6), pp. 438–442. Available at: https://doi.org/10.1016/j.cpa.2013.02.004.
Tjiptono Fandy (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono Fandy, D.A. (2020) Pemasaran. 1st edn. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2023-12-07
How to Cite
Ikhwatun Hasanah, Noor Baiti, & Dewi Safitri. (2023). PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI HIJAU, EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI TERHADAP KUALITAS LAYANAN RUANG TERBUKA HIJAU RAMAH ANAK (RTHRA) . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 269-284. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.117