PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI T ERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SEJATI SWALAYAN PASAMAN BARAT

  • Elondri Program Studi Manajemen, Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa
  • Mai Yuliza Program Studi Manajemen, Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa
  • Roza Gustika Program Studi Manajemen, Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa
  • Yolanda Program Studi Manajemen, Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa
Keywords: keputusan pembelian,, Store Atmosphere dan lokasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di sejati Swalayan Pasaman Barat. Populasinya adalah semua konsumen yang berbelanja di Sejati Swalayan Pasaman Barat yang berjumlah 100 orang atau responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Pengukuran variabel menggunakan skala likert, penelitian ini termasuk kedalam penelitian bersifat asosiatif. Dan dijelaskan bahwa variabel Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Pasaman Barat dengan koefisien regresi 0.393 dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05). Variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Sejati Swalayan Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi 0.305 dengan nilai signifikan 0.004 (>0.05). Variabel independen secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Pasaman Barat dengan koefisien regresi 23.568 dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05). Nilai koefisien determinasi menunjukkan 32,7%. Dan sisanya sebesar 67,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam pengujian ini. Hasil dari TCR Keputusan pembelian memiliki rata-rata skor sebesar 4,02 atau 80,4% responden masuk dalam kategori Baik. Variabel Store atmosphere memiliki rata-rata sebesar 3,84 atau 76,8% Responden masuk dalam kategori Cukup Baik. Variabel Lokasi memiliki rata-rata skor sebesar 4,16 atau 83,14% Responden masuk dalam kategori Baik.

References

ALP. Walukow., L. Mananeke., J. Sepang. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga. Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa, Minahasa: Skripsi.
Andi dan Achmad Fauzi. (2012). Suasana Toko dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 6, No. 1, Hal. 60-87.Foster, Bob. (2008). Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.
Bilson, Simamora. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi pertama.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan
Erlangga, Andi dan Achmad Fauzi. (2012). Suasana Toko dalam Menciptakan Emosi Ekonomi, Vol. 6, No. 1, Hal. 60-87.
Fandy Tjiptono. 2015. Indikator-Indikator Lokasi. Metode penelitian. Jurnal apresiasi bisnis. Bandung
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen.
Faster, Bob. (2008). Manajemen Ritel. Banding: Alfabeta
Fuad, Mohammad (2010). Store Atmosphere dan Perilaku Pembelian Konsumen di Toko Duku Gramedia
Fuad, Muhammad, (2010). Store Atmosphere dan Perilaku Pembelian Konsumen di Toko Buku Gramedia
Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota
Irawati, Winaika dan Muhammad Edwar. (2013). Pengaruh Citra Toko terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Amanah Swalayan Rengel. Universitas Negeri Surabaya.
Kasmir, D. (2017), Customer service excellent. Jakarta: PT Raja Grafinido Persada
Kamela dan Junaedi (2009). Faktor yang mempengaruhi stare atmosphere PT gramedia Indonesia
Kamir, (2016). Kewirausahaan. In Ke-7. Jakarta: RajaGrafinde. Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian
Kotler (2008). Jurnal manajemen pemasaran. Konsep store atmosphere. Jakarta: Indonesia
Koter dan Amstrong (2010) Tahap-tahap dalam pengambilan keputusan pembelian.
Jakarta: ErlanggaKotler dan Keller. 2009. Konsep Keputusan Pembelian Bandung: Ronda, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian
Kotler (2011). Indikator Keputusan Pembelian. Pengaruh Suasana Toko dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Tam-Tan Petshop. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kusumawardini. (2014). Pengaruh Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Utama. Bandung
Levi dan Weitz (2004). Indikator-Indikator Store Atmosphere. Edisi 4 jilid 3: Bandung
Lupiyoadi. (2001). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Anggara. Yogyakarta
Maretha, V., dan Engkos A.K. (2011). Pengaruh Store Atmosphere dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Buku Gramedia Pondok Indah. Binus Business Review, Vol. 2, No 2, Hal. 979-991.
Ma'ruf. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Edisi ke 4 jilid 3. Metode penelitian. Semarang.
Ma'ruf, Hendri. (2005), Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka UtamaManajemen Bisnis Ritel, Cetakan ke-1. Yogyakarta: Penerbit Andi Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran, Edisi keempat Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Maretha, V., dan Engkos A.K. (2011), Pengaruh Store Atmosphere dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Buku Gramedia Pondok Indah. Binus Business Review, Vol. 2, No 2, Hal. 979- 991.
Morwen & Minor. (2002). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Noviyawati, Yuliandi. 2014. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang, Palembang :
Skripsi. Nurirfani, L. (2014). Pengaruh Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Matahari Departement Store.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi (edisi ke 5). Bandung CV Alfabeta
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabbeta
Sugiyono, (2017). Metode Penelian. Jumal Apresiasi Bisnis. Jakarta: Indonesia
Tjiptono. (2008). Konsep keputusan pembelian. Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Bandung: Matahari
Tiptono dan Chandra, (2005). Konsep Lokasi. Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pada swalayan eneng, Jakarta Indonesia
Umar. (2011:60) Riset Pemasaran dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia pustaka Jakarta
Utami, C. W. (2006). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Rite! Modern. Jakarta: Salemba Empat. Utami, Christina Widhya. (2008).
Widyanto, Achmad Indra. Edy Yulianto, dan Sunarti, (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 14, No. 1, Hal. 1-6
Published
2023-10-28
How to Cite
Elondri, Mai Yuliza, Roza Gustika, & Yolanda, Y. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI T ERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SEJATI SWALAYAN PASAMAN BARAT. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 72-87. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.112