PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Hasanul Irpando Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Junil Adri Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
Keywords: teknik gambar manufaktur, problem based learning,, hasil belajar,, teknik pemesinan

Abstract

Pendidikan yang berkualitas bisa diperoleh melalui proses bembelajaran yang baik, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meraih tujuan proses belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni melihat pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis media visual mata pelajaran Teknik gambar manufaktur untuk meningkatan kompetensi siswa dari kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 Grup B SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang berjumlah 15 orang. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan melakukan perencanaan, pelaksanaan, mengamati dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik analisa data yang dipakai yakni ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil belajar dapat meningkat untuk siklus 2. Dari yang hanya mencapai nilai ketuntasan sebesar (53%) untuk aspek pengetahuan dan (60%) untuk aspek keterampilan pada siklus I. Di siklus II ada beberapa perbaikan dan refleksi agar hasil lebih memuaskan. Presentase pada siklus II meningkat sebesar (86,7%) untuk aspek pengetahuan dan (87%) untuk aspek keterampilan setelah model pembelajaran problem based learning diterapkan. Jadi, dapat diambil kesimpulan dimana secara keseluruhan mencapai keberhasilan dengan pembelajaran problem based learning yang ditemukan pelajaran yang dipakai dapat membantu hasil belajar pada Siklus II.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Ambiyar, A., Refdinal, R., Waskito, W., Rizal, F., & Nurdin, H. (2019). Application of Assessment for Learning to Improve Student Learning Outcomes in Engineering Drawing Using CaD. 299(1), 107–112. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.23
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara.
Daryanto, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.
Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 163–171.
Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Pustaka Setia.
Irsal, I., Waskito, Syahrul, & Syahri, B. (2019). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Bubut Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan Smk N 1 Padang the Application of Video Media To Increase Motivation and Student Learning Outcomes Teknik Bubut Subjects Class Xii Majoring Mechanical Engineering of SMK N 1 Padang. 1(1), 1–7. http://vomek.ppj.unp.ac.id
Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2018). Implementation of The Pjbl Model to Enhance Problem Solving Skill and Skill Competency of Community College Student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 304. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.14286
Kilbane, C. R., & Milman, N. B. (2014). Teaching Models: Designing instruction for Models 21st century Learners. In Pearson.
Permendiknas. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.
Prasetya, F., Fajri, B. R., Syahri, B., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality jobsheet learning media. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:252099045
Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91
Rizka, & Arwizet K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Kelas X SMK Negeri 1 Pariaman. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 758–765.
Syahri, B., Syahril, & Yuliana. (2015). Strategi Pembelajaran Problem Solving di SMK N 10 Padang. In: 3 Rd International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET): Technical and Vocational Education and Training for Sustainable Societies, 16-17 Oktober, 124–128.
Published
2023-10-27
How to Cite
Hasanul Irpando, Purwantono, Budi Syahri, & Junil Adri. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 63-71. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.111