THE EFFECT OF CAREER DEVELOPMENT AND WORK STRESS ON TURNOVER INTENTION AND ITS IMPLICATIONS ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT XYZ BANDUNG

  • Aulia Rahmanita Hartono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
Keywords: Pengembangan karir, Stres kerja, Turnover intention, Implikasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia adalah elemen kunci dalam setiap tempat kerja, berperan penting dalam menjalankan operasional perusahaan dan memaksimalkan aset yang ada. Meskipun infrastruktur perusahaan sudah tersedia, sumber daya manusia tetap menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan sistem. Setiap perusahaan berupaya agar karyawan dapat menjalankan tugas mereka dengan efektif dan efisien sesuai dengan standar yang ditetapkan. Fokus perusahaan adalah mencapai hasil bisnis yang positif dengan meningkatkan daya saing melalui pengembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas yang tak tergantikan. Manajemen perusahaan memiliki peran kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui dukungan dan keterlibatan mereka. Pengelolaan sumber daya manusia menjadi kunci sukses bagi setiap perusahaan, termasuk PT XYZ Bandung yang beroperasi di sektor teknologi informasi. Dalam lingkup ini, prestasi kerja menjadi evaluasi utama yang memengaruhi kualitas dan kuantitas hasil kerja karyawan. Namun, PT XYZ menyadari bahwa mengelola sumber daya manusia tidaklah mudah, dan tantangan seperti pengembangan karir, stres kerja, dan niat untuk berpindah pekerjaan (turnover intention) harus diatasi. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji pengaruh pengembangan karir dan stres kerja terhadap turnover intention serta dampaknya pada kinerja karyawan di PT XYZ Bandung.

References

Dhea, A., & Handayani, K. (2020). Hubungan Pengembangan Karir dan Stres Kerja dengan Kinerja Karyawan PT XYZ, Jurnal Manajemen SDM, Vol. 10, No. 1.
Gomes, F. C. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi.
Handoko, T. H. (2015). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE.
Jamal, R., & Firdaus, S. (2021). Pengaruh Komitmen dan Turnover Intention Terhadap Kinerja Karyawan pada Salah Satu Perusahaan di Lampung, JAMBURA, Vol. 3, No. 1.
Kusumah, S., & Satriadi. (2022). Pengaruh Turnover Intention Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Swakarya Indah Tanjung Pinang, Jurnal Syntax Admiration, Vol. 3, No. 5.
Ramadhan, F., & Narimawati, U. (2021). Pengaruh Pengembangan Karir, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada KPSBU Lembang, JEMBA, Vol. 1, No. 2.
Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2018). Perilaku Organisasi. Edisi-13. Dialih Bahasa oleh Bob Sabran, Jakarta: Salemba Empat.
Sandy, M, M. (2015). Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Published
2023-10-28
How to Cite
Aulia Rahmanita Hartono. (2023). THE EFFECT OF CAREER DEVELOPMENT AND WORK STRESS ON TURNOVER INTENTION AND ITS IMPLICATIONS ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT XYZ BANDUNG. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 119-132. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.106