DAMPAK DIGITALISASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PERBANKAN

  • Imanuriea Annisa Putri Universitas Bandar Lampung, Indonesia
Keywords: Sistem Informasi, Digitalisasi, Kepuasan Pengguna, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat melalui digitalisasi telah memberikan kemudahan kepada segala lapisan masyarakat untuk mempermudah kehidupannya, baik kehidupan masyarakat secara pribadi atau kehidupan masyarakat profesional. Teknologi informasi digital dapat diakses atau dapat digunakan untuk kepentingan yang mendasar atau kepentingan tingkat yang lebih tinggi. Informasi digital selalu menjadi elemen penting dalam aktivitas manusia saat ini. Sistem informasi yang tidak terintegrasi dengan baik akan berimplikasi pada hal yang tidak sesuai dengan tujuan. Seperti informasi yang didapatkan peneliti bahwa sering terjadi kendala berulang yang terjadi pada aplikasi perbankan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang bahkan menjadi trending di beberapa kanal sosial media. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi digital perbankan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey online dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 sampel menggunakan google form lalu pengujian dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.

References

Agustia. (2019). Organizational Transformation: Memediasi Pengaruh Investasi Teknologi Informasi terhadap Kinerja Organisasi pada Pemerintah Daerah di Indonesia. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 403-422.
Ahyani, H. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Perbankan Syariah Era Industri 4.0. 05
Ajimon. (2018). Perceptions of Internet banking users, a structural equation modelling (SEM) approach. IIMB Management Review, 357-368.
Anggraeni. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Jogjakarta: Andi.
Apsari, Ida Ayu Praba dewi dan Ida Bagus Putra Astika.(2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi,dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna SIMDA. Vol.30 No.3 Denpasar,Maret 2020 Hal.611-623 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana
Budiansyah. (2015). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
DeLone dan McLean. (2014). Information Systems Success : The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, 60-95.
Eppler. (2017). Managing Information Quality: Increasing the Value of Information in Knowledge-Intensive Products and Processes. Germany: Springer Berlin-Heidelberg.
Gelinas, Dull dan Wheeler. (2012). Accounting Information Systems. South Western: Cengage Learning.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hutabarat. (2015). Mobile Banking Security Analysis Based WAP. Bandung: Alfabeta.
Jaafreh. (2017). Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context banking System in KSA. International Review of Management and Business Research, 63-79.
Jamal Wiwoho, A. M. (2019). Hukum kontrak, ekonomi Syariah dan Etika Bisnis (Vol. 53, Issue 9). https://lib-5iui5bhdqho3zgs2lism2pqk.b- ok.africa/book/16994064/5e7a4a
Jogiyanto. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi. Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Jogyakarta: Andi Offset.
Kotler dan Amstrong. (2018). Principles of Marketing Edisi 15 Global Edition. Jakarta: Erlangga.
Kurniawati dan Arif. (2017). Analysis Behavioral Intention to Uses of Mobile Banking Technology Acceptance Model (TAM) Approach Modified. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 24-29.
Kuswandi. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Lovelock dan Wright . (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Cetakan II. Jakarta: Indeks.
Parasuraman et al. (2011). A Conceptual Model ff Service Quality and Its Implication for Future Research. Journal of Marketing, 49-50.
Romney dan Steinbart. (2012). Accounting Information Systems, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.
Roni. (2018). Pengaruh Atribut Produk terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 18-20.
Rintho, Rante Rerung., 2018, E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta : Deepublish
Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Saputri, Isti Nugraheni. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Program Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi. Artikel Publikasi Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, Laynita dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akutansi Pada Puskesmas Air Dingin Kota Padang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Infomrasi (JEMSI). Volume3, Issue 4, Maret 2022. E -I SSN : 2686-5238, P-ISSN 2686-4916. DOI:https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, Padang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Azhar. (2017). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. (2018). Sistem Informasi Akuntansi, Cetakan pertama. Bandung: Lingga Jaya.
Suwarni et al., 2022. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 187–192. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.570
Tirtana dan Sari. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Seminar Nasional Dan Call For Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS, 17-20.
Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran Edisi 4. Jogyakarta: Andi.
Tsai, Gwo Yang, Tsuang Kuo, dan Li-Chen Lin. (2017). The Moderating Effect of Management Maturity on The Implementation of an Information Platform System. Journal of Organizational Change Management.
Wardhana. (2015). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking. Jurnal Sekolah Tiggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, 50-62..
Published
2023-11-15
How to Cite
Putri, I. A. (2023). DAMPAK DIGITALISASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PERBANKAN . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 133-140. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.100