ENSIKLOPEDIA MATA UANG INDONESIA UNTUK PENDIDIKAN USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE
Abstract
Minimnya informasi mengenai mata uang pada usia dini perlu dilakukan agar anak – anak diperkenalkan secara dini mengenai mata uang, hal ini juga menjadi pembelajaran kepada anak usia dini untuk menghindari anak – anak dari ketidaktahuan mengenai keaslian mata uang. Pendidikan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan suatu bangsa, dan Pendidikan merupakan alat dan wahana yang strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Pengenalan mata uang di pendidikan usia dini sangat penting untuk bias memperkenalkan sejarah mengenai mata uang Indonesia. Untuk itu penulis ingin mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran yang bertujuan untuk membantu dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, di dalam aplikasi ini untuk merancang dan membangun aplikasi untuk dapat memberikan informasi kepada anak usia dini tentang ensiklopedia mata uang indonesia maka dari itu penulis ingin membangun sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam belajar dan mengajar, terjadi pembelajaran interaktif pada ensiklopedia mata uang indonesia dalam aplikasi gabungan menjadi multimedia dengan aplikasi ini diharapkan dapat menambah minat siswa dalam pengenalan mata uang ensiklopedia lebih menarik dan dapat dengan mudah dipahami oleh karena itu penulis berharap aplikasi ini dapat digunakan untuk mengajarkan siswa pembelajaran interaktif
References
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Mallisza, D., AMBIYAR, A., DAKHI, O., VERAWADINA, U., & Siregar, M. I. A. (2021). Design of Acceptance Information System of New Students of National Flight Vocational High School. International Journal Of Multi Science, 1(10), 9-21.
Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45–59. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/492
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2021). Peranan Longlife Learning dengan Kemampuan Literasi Pada Pendidikan Kejuruan/Vokasi Ditinjau dari Filosofi Pragmatism Rekonstruksionis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 118–125. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.102
Fajra, M., Jama, J., Sukardi, S., Mallisza, D., Mukhnizar, M., & Dakhi, O. (2022). Contribution of Pedagogical Competence and Transformational Leadership of the Principal to the Implementation of the Tasks of Design and Build Teachers at SMKN 1 Padang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3045-3053. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.5248
Nazili, N., & Mallisza, D. (2023). Kontribusi Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kapasitas Guru Teknik Desain dan Bangunan di SMKN 1 Padang. Journal on Education, 5(2), 3152-3159. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.966
Edi, F., Ambiyar, Waskito, & Mallisza, D. . (2022). Welding Training Program Development with Shield Metal Arc Welding (SMAW) Process. I T A L I E N I S C H, 12(2), 958–964. Retrieved from https://www.italienisch.nl/index.php/VerlagSauerlander/article/view/435