PENERAPAN TEORI ORGANIK PADA KONSEP SERTA APLIKASINYA PADA KARYA ARSITEKTUR RUMAH TINGGAL F.L.WRIG HT

  • Friyessi Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti
  • Andi Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti
Keywords: arsitektur moderen,, teori organik,, bentuk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor karya F.L. Wright, khususnya pada teori organik. Metode penelitian yang digunakan dalam mengeksplor karya F.L. Wright ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menjelaskan beberapa karyanya yang disesuaikan dengan teori dan konsep yang ada pada arsitektur organik. Pemaparan lebih difokuskan pada bentuk fasade dan interior dengan melihat keterkaitan atau aplikasinya antara teori yang ada dan desaian pada rumah tinggal yang dikenal dengan gaya prairenya. Hasil penelitian terhadap pengamatan pada karya F.L Wright khususnya pada teori organiknya,maka dapat disimpulkan konsep yang ditawarkan oleh F.L Wright mempunyai banyak perbedaan dengan teori dan konsep Arsitektur modern pada umumnya yang dikenal dengan bentuk yang bersih dengan didomiasi warna putih.Arsitektur organic sesuai dengan namanya yang berarti alami selaras dengan alam. Secara keseluruhan teori organic dapat dilihat: 1) Pada bukaan/jendela yang banyak dan lebar, memungkinkan memasukan cahaya alami dan mengalirkan udara sebanyak banyaknya pada siang hari sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik, 2) Kontektual dengan site/tapak sehingga lokasi site dapat menjadi potensial dalam desain, 3) Ruangan yang tanpa sekat/dinding menjadikan ruangan menjadi lebih luas dan lapang, dan 4) Pemakaian material alam sehingga menjadi suistainable dan ramah lingkungan.

References

AdolfK.Placzek.(1982).Macmillan Encyclopedia ofArchitects Volume4,TheFreePress, Ney York.

Ali, Made. (1984). Arsitektur. Yayasan LPMB. Bandung.

(1991). Arsitektur Modern Akhir Abad XIX dan Abad XX. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Dharma, Agus. (1998). Seri Diktat Kuliah Teori Arsitektur 2. Gunadarma, Depok.

D. K. Ching, Francis. (1985). Arsitektur: Bentuk, Ruang, dan Susunannya Edisi kedua, Jakarta: Erlangga.

Oxford University Press.(1995). Oxford Leraner’s Pocket Dictionary New Edition. Oxford University. London

Raza, M., & Anisa, A. (2022). Kajian Arsitektur Organik Pada Bangunan Resort (Aksari Resort, Bali, Indonesia). Purwarupa Jurnal Arsitektur, 6(1), 9-14.

Redrawing Project Robie house, Laporan Tugas Mahasiswa PPAR (2020), Universitas Indonesia.
Published
2023-02-13
How to Cite
Friyessi, F., & Andi, A. (2023). PENERAPAN TEORI ORGANIK PADA KONSEP SERTA APLIKASINYA PADA KARYA ARSITEKTUR RUMAH TINGGAL F.L.WRIG HT. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 301-311. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i2.80