TINJAUAN LITERATUR : OPTIMALISASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN PADA PERANCANGAN ANTARMUKA E-COMMERCE

  • Rahmat Taufik RL Bau Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
  • Dedy Abdianto Nggego Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Musamus Merauke
Keywords: kecerdasan buatan, optimalisasi, perancangan, antarmuka, e-commerce

Abstract

Penjualan secara online meningkat tajam karena semakin banyak orang yang membeli produk dan jasa secara online. Teknologi seperti artificial intelligence dan machine learning memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman belanja online bagi pelanggan dan membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi.

Artificial Intelligence (AI) memberikan kontribusi besar dalam desain antarmuka e-commerce. AI memungkinkan e-commerce untuk mempersonalisasi antarmuka mereka sesuai dengan preferensi dan perilaku belanja pelanggan, membuat pengalaman belanja lebih baik. Dengan menggunakan algoritma machine learning, AI dapat memproses dan menganalisis data yang besar untuk memahami perilaku pelanggan dan membuat rekomendasi produk yang disesuaikan. Selain itu, AI membantu mengoptimalkan proses dan memberikan bantuan pelanggan yang lebih cepat dan efisien melalui chatbot. Pemanfaatan AI dalam desain antarmuka e-commerce dapat membantu e-commerce meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Desain antarmuka pengguna yang lebih intuitif memastikan bahwa pengguna dapat mengakses dan menggunakan antarmuka dengan mudah, membantu mereka menyelesaikan tugas mereka dengan cepat dan memastikan bahwa antarmuka tersebut mudah dipahami dan digunakan.

Published
2023-02-03
How to Cite
Rahmat Taufik RL Bau, R. T. R. B., & Dedy Abdianto Nggego, D. A. N. (2023). TINJAUAN LITERATUR : OPTIMALISASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN PADA PERANCANGAN ANTARMUKA E-COMMERCE. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 264–268. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i2.70