ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TERNAK KUDA

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TERNAK KUDA

  • SAHLAN UINIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Keywords: Analisis Marjin, Saluran Pemasaran, dan Efisiensi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kuda di Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto dan mengetahui efisiensi saluran pemasaran di Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Penentuan sampel peternak kuda di Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto dilakukan dengan cara purposive sampling atau pengambilan sampel dengan sengaja hal ini dilakukan karena peternak dilokasi penelitian terdiri dari 8 peternak, 4 pedagang besar, 4 pedagang pengepul dan 4 pengecer. Jadi total keseluruhan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang di Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pemasaran dengan menggunakan analisis marjin memperoleh total marjin pemasaran sebesar Rp 12,025,000. Untuk saluran I memperoleh marjin sebesar Rp 3,250,000 dan untuk saluran II sebesar 8,775,000. Sedangkan efisiensi saluran pemasaran I memiliki nilai efisiensi sebesar 0,27% dan untuk efisiensi saluran pemasaran II sebesar 0,21%. Hal ini dikatakan bahwa saluran yang memiliki nilai paling efisien adalah saluran pemasaran II karena biayan yang dikeluarkan lebih sedikitdibandingkan dengan saluran pemasaran I karena rantai pemasarannya lebih Panjang dari pada saluran pemasaran II.

 

References

Adnany,2008. “ Analisis Efisensi Pemasaran di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas”. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, Vol. 1 No, 1 Desember 2012.
Anindita, R. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus, Surabaya.
Brown, 2001. Fungsi-fungsi permintaan dan penawaran. Wordpress.com Daniel, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta
Gitosudarmo,2009. Pengantar Bisnis, Edisi Kedua PBFE, Jakarta.
Hanafiah dan Saefuddin, 2006.Manajemen Agribinsis. PT. Bumi Aksara : Jakarta. Hanafie, 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Kotler Philip , 2004. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan Implementasi dan pengendalian. Salemba Empat. Jakarta
Kountur, R. 2007. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Edisi Revisi.PPM.Yeoty, Oka A, Jakarta.
Littro, 2012. “ Analisis Efisensi Pemasaran Jeruk Siam di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas”. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, Vol. 1 No, 1 Desember 2012.
Nainggolan, 2017. “Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Kota Medan Sumatera Utara”. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Nurlaila, 2009. “Analisis Marjin Pemasaran Ubi Kayu (Studi Kasus di Kecamatan Slogohimo KabupatenWonogiri)”. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Purnamasari, 2010. “Analisis Pemasaran Jeruk di Kabupaten Bangli”. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Putrasamedja dan Suwandi, 1996. Bawang Merah di Indonesia. Monograf. Balista.
Lembang.
Prayitno dkk, 2013. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Jurnal JIIA. 01 (01):
Prayoga,2012. Analisis Efisensi Pemasaran Jeruk Siam di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas”. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, Vol. 1 No, 1 Desember 2012
Rosyad, 2011.“Kajian Pemasaran Selada Organik Di Kecamatan Kedungbangteng Kabupaten Banyumas”, Unuversitas Jenderal Soedirman. Purwokerto
Rahayu dan Berlian,2004. Mengenal Varietas Unggul dan Cara Budidaya Kontinyu Bawang Merah, Penebar swadaya, Jakarta.
Soekartawi, 2002.Agribisnis : Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo. Jakarta Swastha dan Irawan, 2005. Asas – asas Marketing, Liberty, YogjakartaSyamsuri, 2006. “Analisis Marjin Pemasaram Jeruk Siam Asal Banyuwangi di Pasar Induk Kramat Jati Pasar Rebo DKI Jakarta”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Published
2023-01-25
How to Cite
SAHLAN. (2023). ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TERNAK KUDA. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 198-209. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i2.67