APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOMPUTER UNTUK TINGKAT SMK PADA SMK TRITECH

  • T. Akmal Naufal Fadly Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potebsi Utama
  • Evri Ekadiansyah Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potebsi Utama
Keywords: sistem komputer,, PHP,, MySQL,, Java,, Android Studio

Abstract

Berdasarkan temuan awal penelitian pada saat pelaksanaan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) di SMK Tritech Medan, media pembelajaran yang sering digunakan oleh sebagian guru teori dan praktik pada program Sistem Komputer, masih menggunakan papan tulis dan LCD Proyektor. Berdasarkan survei awal media pembelajaran ini masih dirasa kurang menarik, kurang inovatif, kurang edukatif dan kurang praktis menurut siswa kelas X karena siswa terkadang bosan menerima materi, sehingga seringkali mencuri kesempatan untuk bermain telepon genggam. Proses belajar sistem komputer masih dilakukan secara manual yaitu penyampaian secara konvensional dan Siswa/i kesulitan dalam mengetahui dan mengenal mata pelajaran sistem komputer. Namun masih ada sebagian besar siswa SMK Tritech Medan yang kurang dalam menangkap dan memahami pelajaran sistem komputer. Semua itu karena strategi pembelajaran yang kurang menarik, dan pengelolaan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motivasi belajar anak. Oleh karena itu guru perlu memiliki pengetahuan teoritik yang digunakan sebagai bekal dalam menciptakan strategi pembelajaran yang tidak hanya efektif untuK mencapai tujuan pembelajaran tetapi juga efektif untuk membangun kepribadian yang sehat pada anak. Permasalahan yang ditemukan guru di lapangan di antaranya, masih menyampaikan materi di depan kelas dengan sarana papan tulis dengan spidol dan juga menggunakan alat presentasi proyektor menggunakan slide power point untuk memberikan contoh atau gambaran kepada siswa didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi media pembelajaran sistem komputer berbasis android. Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi yang dapat mempermudak dalam penyampaiak materi pembelajaran sistem komputer dengan menggunakan aplikasi media pembelajaran sistem komputer berbasis android.

References

Arsyah, R. H., Ramadhanu, A., & Pratama, F. 2019. Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer (Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 111-119.

FREDYANAN, C. A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif untuk Kelas X Smk Negeri 3 Buduran-Sidoarjo (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Ahmad Amiruddin Rahim. 2016. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Pulubala.

Wijaya, H. O. L., Kom, M., & Wulandari, C. 2017. Perancangan Media Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer Jaringan Smk Negeri 3 Kota Lubuklinggau Berbasis Web Mobile. Jusim (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 2(2), 117-124.

Widikda, A. P., Rukun, K., & Wakhinuddin, W. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Tutorial Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Di Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk N 1 Lahat. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN, 1(3), 91-99.

Janiver W. Janis. 2020, Rancang Bangun Aplikasi Online Sistem Pemesanan Jasa Tukang Bangunan Berbasis Lokasi, Jurnal Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi Manado, p-ISSN e-ISSN: 2685-6131, Vol 15 No. 1 Januari-Maret 2020, hal.1-12

Ni Kadek Ceryna Dewi. 2018, Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android, SINTECH JOURNAL, Universitas Pendidikan Ganesha, p-ISSN 2598-7305 (Print), e-ISSN 2598-9642 (Online), Vol. 1 No 2 – Oktober 2018
Published
2023-01-08
How to Cite
T. Akmal Naufal Fadly, & Evri Ekadiansyah. (2023). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOMPUTER UNTUK TINGKAT SMK PADA SMK TRITECH. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 171-178. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i2.64