PERENCANAAN SEKOLAH MENENGAH ISLAM DI KABUPATEN PASAMAN

  • Eja Karnina Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti, Padang
  • Rasyidin Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti, Padang
  • Suwita Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti, Padang
Keywords: perencanaan, arsitektur semiotik, sekolah Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan Sekolah Menengah Islam, yang dapat memenuhi kebutuhan sekolah menengah Islam di Kabupaten Pasaman. Permasalahan yang ada saat ini sekolah Islam yang ada di Kabupaten Pasaman belum memadai sebagai sebuah sekolah Islam yang dilihat berdasarkan segi fasilitas, susunan ruang maupun bentuk bangunan serta kurangnya sarana prasaran pendukung pada sekolah Islam yang ada. Metode yang digunakan pada perencanan sekolah menengah islam adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang mampu mendeskripsikan dan menganalisa kegiatan atau data yang bersifat alamiah serta melakukan analisa atau pengumpulan data berdasarkan data primer dan data sekunder. Analisa dan pembahasan yang digunakan pada perencanaan memakai tema arsitektur semiotik, yang menjadi landasan konseptual dalam perencanaan Sekolah islam dengan memperhatikan tatanan massa bangunan dan Open Space yang fleksibel. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan bangunan sekolah menengah Islam yang berkarakter danĀ  dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Pasaman.

Published
2021-06-30
How to Cite
Eja Karnina, Rasyidin, & Suwita. (2021). PERENCANAAN SEKOLAH MENENGAH ISLAM DI KABUPATEN PASAMAN. Journal of Scientech Research and Development, 3(1), 063-068. https://doi.org/10.56670/jsrd.v3i1.54