PERANCANGAN ALAT BANTU SURVEY KUALITAS AIR KOLAM RENANG MENGGUNAKAN ROBOT REMOTELY OPERATED VEHICLE (ROV

  • Iwan Fitrianto Rahmad
  • Rahmad Doni Sistem Informasi (D3), Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Potensi Utama
  • Evri Ekadiansyah Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Potensi Utama
Keywords: Kolam renang, remotely perated vehicle, robot bawah air, ROV.

Abstract

Kolam renang merupakan suatu usaha umum yang menyediakan tempat untuk berenang, berekreasi,  berolah  raga. Dengan demikian terkadang pemeliharaan untuk menjaga kebersihan hanya di perioritaskan untuk pemilik usaha saja sehingga terkadang menjaga kebersihan hal tersebut terabaikan di karenakan jumlah pengunjung yang terlalu banyak. Pengamatan awal  menunjukkan tidak ada kotak untuk mencuci makanan, juga banyak sampah di kolam baik sampah organik atau non organik yang dapat saja masuk kolam renang dan terkadang mengendap ke dasar kolam tersebut sehingga tidak terpantau dari pengamatan luar. Dengan menggunakan robot bawah ini atau sering disebut Remotely Operated Vehicle (ROV) dapat memantau bahan atau sampah dalam dasar kolam tersebut. Secara sederhana cara kerja dari robot berbasis ROV adalah dioperasikan menggunakan sistem yang dikendalikan oleh pengguna melalui perangkat kontroler. Sistem kendali robot dan robot itu sendiri dihubungkan dengan media transmisi data seperti kabel atau gelombang radio (RF=Radio Frequency). Perancangan robot ROV ini masih sebatas menggunakan remote untuk dapat mengendalikan pergerakan dari ROV yang berbasis android dengan komunikasi Bluetooth dan menggunakan kamera untuk dapat memnatua dalam dasar kolam dengan menggunakan frekuesi Radio sebagai komunikasinya kamera agar dapat di tampilkan.

References

G. A. Depantara and I. M. B. Mahayana, “Tinjauan Keadaan Fasilitas Sanitasi Obyek Wisata Pura Tirta Sudamala Kelurahan Bebalang, Kabupaten Bangli Tahun 2017,” J. Kesehat. Lingkung., vol. 9, no. 1, 2019.

B. Wicaksono, B. Budiyono, and O. Setiani, “Faktor Risiko Kejadian Iritasi Mata pada Pengguna Kolam Renang X di Kota Semarang,” J. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 852–858, 2016.

N. M. T. E. Sukadewi and N. K. Rusminingsih, “Keadaan Sanitasi Kolam Renang Tirta Yasa Desa Mambal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Tahun 2017,” J. Kesehat. Lingkung., vol. 9, no. 1, 2019.

I. Barus, D. A. Prasetya, and N. Rochman, “Optimasi Realtime Control System Pada Navigasi Mobile Robot,” Pros. SNATIF, pp. 133–136, 2017.

N. H. Tehrani, M. Heidari, Y. Zakeri, and J. Ghaisari, “Development, depth control and stability analysis of an underwater Remotely Operated Vehicle (ROV),” in Ieee Icca 2010, 2010, pp. 814–819.

A. Febtriko, “Sistem Kontrol Perternakan Ikan Dengan Menggunakan Mikrokontroller Berbasis Android,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 2, no. 1, pp. 21–31, 2017.

M. E. D. Putri, “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Universitas Negeri Padang, 2012.

S. Sumarno and S. Riyadi, “ANALISIS KARAKTERISTIK MATERIAL KOMPONEN PADA RANCANG BANGUN MESIN ROBOT DRAWING HYBRID LASER,” Mot. Bakar J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 33–41, 2020.

N. Nurdin and I. Fatmawati, “ROBOT PEMBANTU PEMBIBITAN RUMPUT LAUT BERBASIS MIKROKONTROLER,” J. Elektron. Sist. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 13–23, 2021.

A. Saefullah, D. Immaniar, and R. A. Juliansah, “Sistem kontrol robot pemindah barang menggunakan aplikasi android berbasis Arduino Uno,” Creat. Commun. Innov. Technol. J., vol. 8, no. 2, pp. 45–56, 2015.

Published
2022-06-18
How to Cite
Iwan Fitrianto Rahmad, Rahmad Doni, & Evri Ekadiansyah. (2022). PERANCANGAN ALAT BANTU SURVEY KUALITAS AIR KOLAM RENANG MENGGUNAKAN ROBOT REMOTELY OPERATED VEHICLE (ROV. Journal of Scientech Research and Development, 4(1), 096 -105. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i1.48