ANALISIS KINERJA LAYANAN KOMUTER ARJONEGORO RELASI STASIUN SURABAYA PASAR TURI - BABAT

  • Mahdavikia Pahlevi Ahmad Program Studi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
  • Nurani hartatik Program Studi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
  • Laily Endah Fatmawati Program Studi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Keywords: Importance Performance Analysis,, Kereta Api,, komuter,, Kepuasan Penumpang

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap keluhan yang intens di media sosial terkait beberapa isu krusial, seperti berkurangnya kapasitas penumpang, kenyamanan kursi yang kurang memadai, dan tingkat kebisingan yang mengganggu.Analisis kinerja layanan komuter Arjonegoro relasi stasiun Surabaya Pasar Turi - Babat perlu diketahui untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan karena kereta ini tergolong relasi baru. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Dari penelitian ini didapat nilai kepuasan rata – rata tingkat kinerja layanan dan tingkat kepentingan  sebesar 85,69% dan untuk prioritas layanan yang perlu ditingkatkan kereta Komuter Arjonegoro relasi stasiun Surabaya Pasar Turi – Babat antara lain tempat duduk nyaman, penyejuk udara, rak bagasi, dan fasilitas pegangan tangan penumpang berdiri.

References

Budiarto, B. W., Priyanto, S., & Muthohar, I. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan P.T. Kereta Api Indonesia terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa pada Stasiun Cepu. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 5(1), 48–57. https://doi.org/10.37367/jpi.v5i1.155

Ismail, A. B., Setiono, T. A., & Suraharta, I. M. (2020). Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api Lokal Penataran Relasi Sidoarjo – Malang Kota Lama. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 4(2), 131–137. https://doi.org/10.37367/jpi.v4i2.131

Nurdiansyah, A. (2019). EVALUASI KINERJA PELAYANAN KERETA API KOMUTER SURABAYA - LAMONGAN (SULAM).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Graha Ilmu.

Published
2024-06-02
How to Cite
Mahdavikia Pahlevi Ahmad, Nurani hartatik, & Laily Endah Fatmawati. (2024). ANALISIS KINERJA LAYANAN KOMUTER ARJONEGORO RELASI STASIUN SURABAYA PASAR TURI - BABAT. Journal of Scientech Research and Development, 6(1), 252- 261. https://doi.org/10.56670/jsrd.v6i1.343