ANALISIS KINERJA LAYANAN KOMUTER ARJONEGORO RELASI STASIUN SURABAYA PASAR TURI - BABAT
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap keluhan yang intens di media sosial terkait beberapa isu krusial, seperti berkurangnya kapasitas penumpang, kenyamanan kursi yang kurang memadai, dan tingkat kebisingan yang mengganggu.Analisis kinerja layanan komuter Arjonegoro relasi stasiun Surabaya Pasar Turi - Babat perlu diketahui untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan karena kereta ini tergolong relasi baru. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Dari penelitian ini didapat nilai kepuasan rata – rata tingkat kinerja layanan dan tingkat kepentingan sebesar 85,69% dan untuk prioritas layanan yang perlu ditingkatkan kereta Komuter Arjonegoro relasi stasiun Surabaya Pasar Turi – Babat antara lain tempat duduk nyaman, penyejuk udara, rak bagasi, dan fasilitas pegangan tangan penumpang berdiri.
References
Budiarto, B. W., Priyanto, S., & Muthohar, I. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan P.T. Kereta Api Indonesia terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa pada Stasiun Cepu. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 5(1), 48–57. https://doi.org/10.37367/jpi.v5i1.155
Ismail, A. B., Setiono, T. A., & Suraharta, I. M. (2020). Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api Lokal Penataran Relasi Sidoarjo – Malang Kota Lama. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 4(2), 131–137. https://doi.org/10.37367/jpi.v4i2.131
Nurdiansyah, A. (2019). EVALUASI KINERJA PELAYANAN KERETA API KOMUTER SURABAYA - LAMONGAN (SULAM).
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Graha Ilmu.