MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN KOTA BANJARMASIN DAN SEKITARNYA: STUDI PENGELOLAAN DAN UPAYA PENINGKATAN MUTU LEMBAGA

  • Abdullah Karim UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia
  • Fakhrie Hanief UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia
Keywords: Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, Kualitas Lembaga dan Manajemen.

Abstract

Lembaga Pendidikan Al-Qur’an sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan umat Islam khususnya dalam bidang membaca dan menulis serta menghafal Al-Qur’an. Peran tersebut tentunya menjadi tanggung jawab yang besar bagi sebuah lembaga, ditambah dengan tantangan globalisasi dan persaingan yang semakin ketat menuntut lembaga tersebut untuk dapat mengelolanya secara profesional sehingga melahirkan generasi muslim yang berkualitas. Begitu pula dengan Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Non Formal di Kota Banjarmasin yang terus meningkatkan mutu manajemen dan mutu lembaganya. Kajian ini menggali bagaimana mengelola upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan Al-Qur'an non formal di Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Hasilnya adalah bahwa pengelolaan lembaga pendidikan Al-Qur'an akan efektif dan efisien jika didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan lembaga, kemampuan dan komitmen (tanggung jawab terhadap tugas) serta perubahan sikap dan perilaku siswa. seluruh elemen lembaga mulai dari pimpinan hingga masyarakat dalam melakukan pemantauan dan evaluasi pengelolaan dan sistem informasi yang preventif dan valid untuk keberhasilan lembaga yang berkualitas.

References

Afifudin. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Assauri, S. (2004). Manajemen Permasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azzama, A. & Muhyani. (2019). Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakarta Sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1).

Baharuddin, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Tranformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN-Maliki Press.

Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Edward, P. (2002). Management and Curriculum in Education: Concept and Practice. New York: Prenhall.

Farikhah, S. (2015). Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Fathoni, A. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, T. L. (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Hadari, N. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hafiduddin, D., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Syari’ah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Hamid, D. (2004). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Durat Bahagia.

Herlambang, S. (2013). Pengantar Manajemen Cara Mudah Memahami Ilmu Manajemen. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?. Jakarta: Erlangga.

Kompri. (2018). Manajemen Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Kencana.

Kotler, P. (2000). Marketing Management. Upper Saddle River: Prentice Hall.

Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2002). Manajemen Sumber Daya manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manullang, M. (2005). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mukinuddin, A. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Berbasis Pesantren. Malang: Central Library of Maulana Malik Ibrahim.

Mulyasa, E. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Z. (2006). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan, Konsep, Fenomena dan Aplikasi. Malang: UPT Penerbitan UMM.

Nurjaman, K. (2013). Manajemen Perusahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Qomar, M. (tt). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Ruslan, R. (2001). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rochaety, E. (2008). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohiat. (2008). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktek. Bandung: Refika Aditama.

Sagala, S. (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sisamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Steinner, G., & Minner, J. (2002). Manajemen Stratejik. Jakarta: Erlangga.

Sukmadi. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Humaniora.

Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Suryobroto. (2004). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutanta, E. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Penyusun Kamus. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Published
2024-03-11
How to Cite
Karim, A., & Hanief, F. (2024). MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN KOTA BANJARMASIN DAN SEKITARNYA: STUDI PENGELOLAAN DAN UPAYA PENINGKATAN MUTU LEMBAGA. Journal of Scientech Research and Development, 6(1), 95-117. https://doi.org/10.56670/jsrd.v6i1.311