IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN JIWA PENDIDIKAN SERTA HASILNYA: STUDI PADA PONDOK PESANTREN AL MAHSYAR NURUL IMAN, TENGGARONG SEBERANG

  • Akbar Rangga Ramadhan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda, Indonesia
  • Badrut Tamam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda, Indonesia
Keywords: Implementasi, Pengembangan, Pendidikan, Kurikulum.

Abstract

Artikel ini memberikan bentuk dari implementasi pengembangan kurikulum yang diterapkan pada tingkat madrasah dengan tujuan jiwa pendidikan siswa baik dari sektor kognitif, keaktifan, kemandirian, dan hasilnya. Artikel ini dibuat pada satuan madrasah yang terletak di pondok pesantren Al Mahsyar Nurul Iman Tenggarong. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif pengumpulan data dengan observasi secara langsung melalui peneliti menjadi obyek utama dan dilakukan analisis sederhana. Hasil dari artikel ini melalui peran guru-guru terkait baik kelas maupun mapel. Relevasi data yang terkait peningkatannya serta hasil dapat di aktualitasikan dalam bentuk data-data. Berbagai metode yang ada dalam pengembangan kurikulum madrasah menjadikan hasil yang memberikan dapat positif dalam segi kognitif, keterampilan, kemandirian, dan rasa tanggung jawab terhadap jiwa pendidikan khususnya meraka yang menjadi santri. Dalam penunjangan pengembangan kurikulum ini didukung adanya flesibilitas kurikulum mandrasah yang berorentasi pada kebutuhan santri agar mampu membentuk jiwa pendidikan santri secara utuh. Hasil artikel ini bisa jadikan bahan evaluasi dan pengembangan kurikulum yang dasarnya dikembangkan atas dasar keadaan lingkungan pendididikan siswa lebih konferhensif dan aktual khususnya dimasa sekarang ini.

References

Asfiati. (2014). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berorientasi Pada Pengembangan Kurikulum 2013 (Memadupadankan Panggilan Jiwa, Teori dan Skill Teaching Melalui Pemanfaatan Micro Teaching). Bandung: Citapustaka Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pelaksanaan Pengembangan SD-SMP Satu Atap. Jakarta: Depdiknas.

Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohmadi, S. H. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Integrasi Teori Kurikulum dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Araska.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikakan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sirozi, M. (2004). Analisis Pemasaran Madrasah di Era Informasi Global. Pusat Pengembangan Madrasah Kanwil Depag Propinsi Sumatera Selatan.

Published
2024-03-11
How to Cite
Ramadhan, A. R., & Tamam, B. (2024). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN JIWA PENDIDIKAN SERTA HASILNYA: STUDI PADA PONDOK PESANTREN AL MAHSYAR NURUL IMAN, TENGGARONG SEBERANG. Journal of Scientech Research and Development, 6(1), 78-86. https://doi.org/10.56670/jsrd.v6i1.309