STUDI PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN DAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA APLIKASI INVESTASI ONLINE BIBIT

  • Fairuz Agnar Maulana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Minto Waluyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Bibit, Kemudahan, Keamanan, Promosi, Keputusan Penggunaan, Keputusan Investasi

Abstract

Pada era globalisasi ini, investasi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel keamanan, promosi, dan keputusan penggunaan terhadap keputusan investasi aplikasi investasi Bibit. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan non-probability sampling dan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 135 responden. Analisis penelitian ini yaknimenggunakan measurement model dengan tiga uji yakni goodness of fit, validitas dan signifikansi yang selajutnya dilakukan analisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan pada aplikasi investasi online BIBIT. Sedangkan Keamanan, promosi dan keputusan pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pada aplikasi investasi online BIBIT.

References

Bodie, Z., Kane, A., & Marcus, A. J. (2019). Dasar-Dasar Investasi (9th ed.). Salemba Empat.
Budiarto, A., & Susanti. (2017). Pengaruh Financial Literacy, Overconfidence, Regret Aversion Bias, Danrisk Tolerance Terhadap Keputusan Investasi (Studi pada investor PT. Sucorinvest Central Gani Galeri Investasi BEI Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(2), 1–9.
Hasan, A. (2008). Marketing. Media Pressindo.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.
Kurniawan, A., Dewi, R. S., & Ngatno. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, X(I), 762–771.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612
Listyawati, L., & Subardini, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E – Wallet. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 5(2), 72–89. https://doi.org/10.25139/jiabi.v5i2.4191
Manuel, H. (2019). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.
Purba, J. T., Samuel, S., & Budiono, S. (2021). Collaboration of digital payment usage decision in COVID-19 pandemic situation: Evidence from Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 557–568. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.012
Purnamasari, L., Lestari, S. K., & Silvi, M. (2009). Interdependensi Antara Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Keputusan Dividen. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 13(1), 106–119.
Rahardjo, B. (2017). Keamanan Informasi & Jaringan. PT. Insan Infonesia.
Sudarwanto, Y., Lukitaningsih, A., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada (Studi Kasus Pada Masiswa Fakultas Ekonomi Ust). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(02), 337–345.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.
Vivi Wijaya Lestari, Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Keamanan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Pengguna Lazada.co.id di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 9(20), 102–117.
Waluyo, M., & Rachman, M. (2020). Mudah Cepat Tepat Dalam Aplikasi Structural Equation Modeling (Revisi). Literasi Nusantara.
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567
Yolanda, L., & Septrizola, W. (2021). Pengaruh manfaat, kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan keamanan terhadap persepsi konsumen dalam pembayaran elektronik BRI mobile pada mahasiswa. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 3(2), 82–87. https://doi.org/10.24036/jkmw02101190.
Published
2024-02-16
How to Cite
Fairuz Agnar Maulana, & Minto Waluyo. (2024). STUDI PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN DAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA APLIKASI INVESTASI ONLINE BIBIT. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 1097-1107. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.292