ANALISIS FAKTOR PENDORONG PERTUMBUHAN BISNIS DALAM UPAYA MENCIPTAKAN STRATEGI BERSAING UMKM: STUDI KASUS UMKM YANG DIKELOLA MAHASISWA UNIVERSITAS LANGLANGBUANA
Abstract
Tujuan berbisnis adalah mendapatkan nilai tambah dari jasa atau produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Ketika beberapa pebisnis menawarkan jasa atau produk yang serupa maka timbul persaingan dan menyiapkan strategi bersaing. Semua pebinis menginginkan setiap tahunnya akan tumbuh pendapatan secara terus menerus, sehingga para pebisnis akan peduli terhadap faktor-faktor yang menumbuhkan binis. Penelitian ini berupaya untuk mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Metode penelitian akan dilakukan secara kualitatif untuk mendapatkan gambaran awal tentang faktor dominan yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis. Bagi mahasiswa Gen Z yang aktif di media sosial, adaptasi terhadap teknologi baru, terutama TikTok Shop, memberikan peluang bisnis. Pendaftaran pada TikTok Shop dapat dilakukan melalui link yang disediakan, dan strategi pemasaran melalui konten kreatif, iklan, dan live shopping dapat membantu meningkatkan penjualan. Pentingnya pemanfaatan fitur seperti TikTok Insight untuk menganalisis data audiens dan tren pasar menjadi kunci dalam mengembangkan bisnis secara efektif di platform ini. Keseluruhan, integrasi TikTok Shop dengan bisnis online melalui Tokopedia membawa potensi pertumbuhan positif, dengan komitmen mendukung pelaku UMKM dan menciptakan lapangan kerja baru.
References
Eka, R. (2023). MSME Empowerment Report 2022. Diakses dari: https://dailysocial.id/research/msme-report-2022
Hayes, R. H., & Schmenner, R. W. (1978). How Should you Organize Manufacturing. Harvard Business Review, 56(1).
Inversing.com. (2023). Tiktok Akan Investasi USD1,5 Miliar, Kepengendalian Tokopedia Bakal Berubah. Diakses dari: https://id.investing.com/news/stock-market-news/tiktok-akan-investasi-usd15-miliar-kepengendalian-tokopedia-bakal-berubah-2450329
Luwena, G. (2023). 10 Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula (Auto Laris). Diakses dari: https://www.sribu.com/id/blog/cara-jualan-di-tiktok-shop-untuk-pemula/
Nathaniela, T. C., Afia, N., Firdausi, N., Rosyidah, E., & Purnomo, A. (2022). Inovasi Model Bisnis Berkelanjutan: Teknologi, Gaya Hidup & Keberlanjutan, 1-4. https://doi.org/10.31219/osf.io/pv9w7
Ramdani, D., Primiana, I., Kaltum, U., Azis, Y. (2018). Business Growth Strategy on Telco Indonesia through Dynamic Capability and Supply Chain Management with Competitive Strategy as DriverFactor. Academy of Strategic Management Journal, 17(3), 1–9.
Setyawati, E. C., Hari, N. S., & Ainuddin, I. (2013). Karakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis Sebagai Faktor Penentu Pertumbuhan Usaha (Studi IKM di Sentra Kerajinan Rotan Amuntai Kab. Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1).
Suteja, J. (2023). Shopee, Tokopedia, dan Lazada, Siapa Juara?. Diakses dari: https://investor.id/business/319585/shopee-tokopedia-dan-lazada-siapa-juara
Wardhanie, A. P., Kartikasari, P., & Wulandari, S. H. E. (2018). Pertumbuhan Bisnis Melalui Metode O2O pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(2), 76–83. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.10