PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUNGAI LIMAU

  • Lona Maulida UIN Imam Bonjol, Padang, Indonesia
  • Hadeli UIN Imam Bonjol, Padang, Indonesia
  • Muhammad Zalnur UIN Imam Bonjol, Padang, Indonesia
Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Motivasi.

Abstract

Guru mempunyai pengaruh yang besar terhadap pencapaian hasil belajar siswa, salah satunya berkaitan dengan upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diperlukan guru yang memiliki kompetensi yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Sungai Limau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Sungai Limau tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 442 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional stratified random sampling yang berjumlah 210 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 32%. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 43,10%. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 46,40%. Jika nilai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru meningkat, maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat. Guru disarankan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guna meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

References

Anonim. (2014). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, Tesis & Disertasi. Padang: IAIN Imam Bonjol.

Irwantoro, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Cet. ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T., Sumedi, P., & Abduh, M. (2016). Guru Yang Profesional. Purwokerto: Alfabeta.

Tim Nasional Dosen Kependidikan. (2016). Guru Yang Porfesional. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B., & Muhammad, N. (2013). Belajar Dengan Pendekatan Aktif, Inovatif, Lingkungan Kreatif, Kreatif Efektif dan Menarik. Jakarta.

Published
2024-01-22
How to Cite
Maulida, L., Hadeli, & Zalnur, M. (2024). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUNGAI LIMAU. Journal of Scientech Research and Development, 6(1), 43-55. https://doi.org/10.56670/jsrd.v6i1.281