PUZZLE GAME APPLICATION INTRODUCING ANIMALS AS ANDROID BASED LEARNING MEDIA

APLIKASI GAME PUZZLE PENGENALAN HEWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

  • Nurullah Nurullah Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Barat
  • Januardi Nasir Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
Keywords: Game puzzle,, Android,, Construct 2, Hewan, anak usia 4-6 tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan membangun game puzzle berbasis Android untuk pengenalan hewan pada anak usia 4-6 tahun. Hewan adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Dengan perkembangan teknologi, aplikasi ini menjadi solusi interaktif untuk media pembelajaran dengan menyajikan pengenalan hewan. Penelitian  ini  menunjukan bahwa pengenalan hewan pada anak usia 4-6 tahun lebih efektif melalui game. Game puzzle ini telah dibuat menggunakan software construct 2 untuk menampilkan game puzzle dan materi pengenalan hewan kucing,kerbau. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menambah pengetahuan anak-anak terhadap hewan. Dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya aplikasi berbasis android, memberikan pengetahuan yang mendalam terhadap anak- anak, termasuk kemampuan mereka untuk menjaga hewan.

 

References

Agustina, I., Astuti, D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. 3, 57–62.
Damayanti, D., Akbar, M. F., & Sulistiani, H. (2020). Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 275. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020721671
Faridhatul Ulva, A., & Akbar, C. (2021). Aplikasi Game Puzzle Huruf Hijahiyah Untuk Anak-Anak Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 5(2), 159–167.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Rokhim, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis Suara Pada Sistem Operasi Android. Jurnal Insand Comtech, 1(2), 15–22.
Suhazli, A., Atthariq, A., & Anwar, A. (2017). Game Puzzle “Numbers in English”Berbasis Android Dengan Metode Fisher Yates Shuffle Sebagai Pengacak Potongan Gambar. Jurnal Infomedia, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.30811/.v2i1.476
sumber game pubg. (n.d.). https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/60d95b7fedde6/kominfo-kaji- blokir-pubg-free-fire-berapa-jumlah-pengguna-di-ri
Wigati, P. W., Widyastuti, A., Prasetyo, R. T., Ilmu, F., & Universitas, K. (2022).
PENGARUH PEMBERIAN STIMULASI PERMAINAN PUZZLE TERHADAP. 3(2).
Published
2024-01-14
How to Cite
Nurullah, N., & Januardi Nasir. (2024). PUZZLE GAME APPLICATION INTRODUCING ANIMALS AS ANDROID BASED LEARNING MEDIA. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 935-944. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.269