APPLICATION RANCANG BANGUN APLIKASI KEPUASAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN

  • Resta diva Aulia Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Gustri Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
Keywords: Aplikasi Android, Kepuasan, Mahasiswa, Pembelajaran.

Abstract

 

Pendidikan tinggi mengacu pada tingkat pendidikan yang mengikuti pendidikan menengah dan mencakup berbagai program pendidikan seperti diploma, sarjana, master, spesialis, dan gelar doktor, yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di bawah kerangka Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 tahun 2003). Pasal 52 UU Dikti menekankan bahwa pendidikan tinggi yang berkualitas ditandai dengan kemampuan lulusan untuk secara aktif menumbuhkan potensi mereka dan menyumbangkan pengetahuan dan teknologi yang berharga bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Untuk memastikan penyampaian pendidikan tinggi yang berkualitas, pemerintah telah membentuk sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi (SPM Dikti), yang dilaksanakan di lembaga-lembaga seperti Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat. Proses pembuatan Aplikasi Survei Kepuasan Siswa berbasis Android terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah Fase Perencanaan, yang bertujuan untuk membantu pendidik dalam mendapatkan wawasan tentang kepuasan siswa selama proses pembelajaran. Setelah ini, Tahap Pengembangan melibatkan penciptaan desain menarik yang menggabungkan ikon dan tampilan yang ramah pengguna. Dalam hal pembuatan konten, aplikasi ini menampilkan berbagai opsi kepuasan yang dapat dimasukkan siswa. Selain itu, pengembangan fitur berfokus pada implementasi fitur interaktif dalam aplikasi. Terakhir, fase Coding melibatkan pelaksanaan desain dan fitur aplikasi menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai untuk platform Android Studio IDE, khususnya Bahasa Pemrograman Java.Aplikasi berhasil untuk mensurvey tentang kepuasan mahasiswa dalam proses pebelajaran.

References

Hafids, J. (2018). Karakteristik Kebijakan Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia Berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kertha Wicaksana, 12(1), 22. https://doi.org/10.22225/kw.12.1.420.22-37
Ludfi, R., & Hanifah, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Lulusan Berbasis Interpreneur Terhadap Kepuasan Pengguna dan Daya Saing Alumni STIE Indonesia Banjarmasin. -. http://eprints.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/1040/%0Ahttp://eprints.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/1040/1/LAPORAN PENELITIAN HANIFAH RISWAN.pdf
Lussianda, E. O. (2019). Pengaruh kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja dosen sekolah tinggi ilmu ekonomi persada bunda pekanbaru. Forum Ekonomi, 21(2), 126–131. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI%0D
Mulyono, H., Purba, N., Hilman Fikri, M., & Mahyani. (2022). Pkm Strategi Promosi Dalam Perekrutan Calon Mahasiswa Umn Al Washliyah Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Sma Taruna Plus Akterlis Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1).
Online, A., & Page, J. (2020). Available Online: https://dinastirev.org/JIMT Page 416. 1(5), 416–424. https://doi.org/10.31933/JIMT
Salamun, S. (2017). Sistem Monitoring Nilai Siswa Berbasis Android. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 2(2), 210–219. https://doi.org/10.36341/rabit.v2i2.221
Tajibu, K. (2019). Analisis Kualitas Layanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Jurnalisa, 05(2), 284–300.
Wahid Maulana, M. R. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Untuk Studi Bahasa Carakan Madura. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 1(1), 32. https://doi.org/10.26740/jieet.v1n1.p32-39
Wardah, A. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriftografi Pada Algoritma Fungsi Hash Menggunakan Metode Computer Based Learning. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST, 02(1), 2548–1916. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/45
Published
2024-01-01
How to Cite
Resta diva Aulia, & Gustri Efendi. (2024). APPLICATION RANCANG BANGUN APLIKASI KEPUASAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 889-897. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.261