ANDROID BASED BODY PART INTRODUCTION EDUCATIONAL GAME APPLICATION
Abstract
Dalam era digital, penggunaan teknologi dalam pendidikan semakin penting, dan game edukatif menjadi pendekatan efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran. Pengembangan aplikasi game edukasi berbasis Android untuk mengenalkan bagian tubuh manusia menjadi langkah cerdas, memanfaatkan minat anak-anak terhadap teknologi. Aplikasi ini bertujuan memperkenalkan bagian tubuh secara interaktif, disertai gambar, dan informasi tentang fungsi dan peran masing-masing bagian. Fitur interaktif, seperti pengenalan nama bagian tubuh, diterapkan melalui antarmuka yang menarik. Keunggulan aplikasi ini adalah fleksibilitas akses, memungkinkan siswa belajar di mana saja. Selain itu, hasil pembuatan aplikasi ini telah berhasil dirancang dengan model pengenalan bagian tubuh luar manusia dan disertakan kuis pengenalan berupa bagian kepala, badan, tangan, dan kaki dengan level easy, medium, dan hard. Kombinasi antara model pengenalan dan kuis interaktif dengan tingkat kesulitan yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa tentang struktur tubuh manusia dengan cara yang menyenangkan. Kontribusi aplikasi ini dalam memperkaya pengalaman belajar anak-anak menjadikannya sarana efektif untuk pembelajaran yang berkesan.
References
“Evaluation of Computer Vision Techniques for Automated Hardhat Detection in Indoor Construction Safety Applications.” 2018. Frontiers of Engineering Management 0(0): 0.
Febriandirza, Arafat. 2020. “Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin.” Pseudocode 7(2): 123–33.
Liu, Chenxi, and Ana Paula Correia. 2021. “A Case Study of Learners’ Engagement in Mobile Learning Applications.” Online Learning Journal 25(4): 25–48.
Plass, Jan L., Bruce D. Homer, and Charles K. Kinzer. 2015. “Foundations of Game-Based Learning.” Educational Psychologist 50(4): 258–83.
Prihandoyo, M Teguh. 2018. “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3(1): 126–29.
Rischa Pramudia Trisnani, Silvia Yula Wardani. 2018. “Peran Konselor Sebaya Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Anak Peer.” Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiolog 13(02): 1689–99.
Troulis, Maria. 2020. “叶青松 1, 2, 3 1.” Jornada Científica de Farmacología y Salud I LAS 28(1): 1–11.