EVALUASI KEPUASAN KONSUMEN PADA PLATFORM PESAN MAKANAN ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA KOTA BATAM BERDASARKAN FITUR-FITUR YANG DISEDIAKAN

  • Sandy Alferro Dion Universitas Internasional Batam
  • Alika Naziera Wardani Universitas Internasional Batam
  • Sri Indriyani Ningrum Universitas Internasional Batam
  • Willy Renaldi Universitas Internasional Batam
  • Djoko Sumaryono Universitas Internasional Batam
Keywords: Pemesanan Makanan Online, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Covid-19, Teknologi

Abstract

Dengan kemajuan teknologi, cara orang memenuhi kebutuhan pokok mereka juga telah berubah. Salah satu perubahan tersebut adalah cara orang mendapatkan makanan. Dengan menggunakan layanan yang ditawarkan oleh platform pengantaran makanan daring, individu dapat dengan mudah mendapatkan makanan tanpa usaha yang besar. Kepuasan yang diberikan oleh layanan tersebut merupakan pertimbangan penting bagi pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan yang dirasakan oleh konsumen terhadap layanan yang diberikan oleh platform pengantaran makanan daring berdasarkan fitur-fitur yang ditawarkan. Diharapkan penelitian ini akan memberikan gambaran untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan guna memuaskan konsumen dan memperkuat reputasi platform tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mendistribusikan kuesioner kepada seluruh mahasiswa di kota Batam, mengumpulkan 391 data untuk dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun pandemi COVID-19 telah berakhir, alasan utama konsumen menggunakan platform pengantaran makanan daring adalah kekhawatiran terpapar virus COVID-19. Selain itu, ketika pengguna merasa puas karena kebutuhan mereka terpenuhi, loyalitas dan komitmen mereka terhadap suatu platform pengantaran makanan daring tertentu juga akan meningkat.

References

Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 3(3), 123–128.
Andarias, Y., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Grabfood (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 3(9), 115–123.
Dimas, M., Naufal, D., Nalurita, S., & Unsurya, D. M. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1), 23–34. https://doi.org/10.35968/m-pu.v13i1.1022
Han, S. H., Nguyen, B., & Lee, T. J. (2015). Consumer-based chain restaurant brand equity, brand reputation, and brand trust. International Journal of Hospitality Management, 50, 84–93. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2015.06.010
Holdenianda, L. Z., & Achsa, A. (2022). Harga, Promosi, Kredibilitas, Kualitas Website, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Makanan Menggunakan Jasa Grabfood. Competence : Journal Of Management Studied, 16(2), 160–169.
Kunadi, E. F., Wuisan, D. S. S., Pelita, U., & Tangerang, H. (2021). Loyalty Pengguna Gofood Indonesia Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Dan Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat) Pengaruh, 8(1).
Maria, I., Wijaya, V., & Keni, K. (2021). Pengaruh Information Quality Dan Service Quality Terhadap Perceived Value Dan Konsekuensinya Terhadap Customer Engagement Behavior Intention (Studi Pada Social Commerce Instagram). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 321. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.12276
Prabowo, G. T., & Nugroho, A. (2019). Factors that Influence the Attitude and Behavioral Intention of Indonesian Users toward Online Food Delivery Service by the Go-Food Application. 72(Icbmr 2018), 204–210. https://doi.org/10.2991/icbmr-18.2019.34
Prasetyo, Y. T., Tanto, H., Mariyanto, M., Hanjaya, C., Young, M. N., Persada, S. F., Miraja, B. A., & Redi, A. A. N. P. (2021). Factors affecting customer satisfaction and loyalty in online food delivery service during the COVID-19 pandemic: Its relation with open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.3390/joitmc7010076
R.Fadila, A.Puspita, S. N. et al. (2022). Persepsi Mahasiswa Universitas Siliwangi Angkatan Tahun 2019 Pada Penggunaan Online Food Selama Pandemi Covid-19. Sitech, 5(1), 1–6.
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo. Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.32009
Rusniawan, A. N., & Santoso, T. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Ekuitas Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Bisnis Makanan Online Bosse …. Agora, 9(1).
Septiani, R., & Nurhadi, N. (2020). Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886
Teddy, A., & Dinda, A. Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung the Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decisions Through Gofood Application in Bandung City. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.
Zahra, N., & Sanaji, S. (2021). Peran Moderasi Motivasi Hedonis pada Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Niat Penggunaan Ulang Layanan Dompet Elektronik di Kalangan Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 57. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p57-67
Published
2023-12-25
How to Cite
Sandy Alferro Dion, Alika Naziera Wardani, Sri Indriyani Ningrum, Willy Renaldi, & Djoko Sumaryono. (2023). EVALUASI KEPUASAN KONSUMEN PADA PLATFORM PESAN MAKANAN ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA KOTA BATAM BERDASARKAN FITUR-FITUR YANG DISEDIAKAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 656-671. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.238