ANALISIS KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU MADRASAH ALIYAH JAM’IYYAH ISLAMIYYAH DI KOTA TANGERANG SELATAN

  • Munali Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Feby Pariza STES Bhakti Nugraha, Tangerang, Indonesia
  • Ahmad Masruri STIT Al-Amin, Tangerang, Indonesia
Keywords: Penelitian Kuantitatif, Penulisan Karya Ilmiah, Kompetensi Guru.

Abstract

Sosialisasi Penulisan Karya Ilmiah merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bagian dari kegiatan Tridarma perguruan tinggi. Tujuan sosialisasi penulisan karya ilmiah ini adalah menganalisis kemampuan guru Madrasah Aliyah Jam’iyyah Islamiyyah dalam penulisan karya ilmiah. Jumlah guru yang mengikuti sosialisasi penulisan karya ilmiah sebanyak 16 orang. Dimensi penulisan karya ilmiah dalam kegiatan ini meliputi tiga dimensi, yaitu: dimensi kemampuan menulis pendahuluan, dimensi kemampuan menulis kajian teori, dan dimensi kemampuan menulis metodologi penelitian. Metodelogi penelitian menggunakan metodologi kuantitatif. Analisis butir pernyataan menggunakan statistika deskriptif. Kemampuan responden dengan kategori mudah dalam menulis artikel ilmiah adalah butir pernyataan nomor 2, yaitu kemampuan mencari artikel ilmiah melalui internet. Kemampuan responden dengan kategori sedang dalam menulis artikel ilmiah adalah butir pernyataan nomor 1 dan butir pernyataan nomor 13. Butir pernyataan nomor 1, yaitu kemampuan responden menggunakan aplikasi mendeley dalam mensitasi artikel ilmiah dan butir pernyataan nomor 13, yaitu kemampuan responden menulis dimensi instrumen penelitian, dan kemampuan responden dengan kategori sedikit sulit terdapat pada butir pernyataan 3, 6, 7, 9, 10, 11, 12, dan 17.

References

Ahyar, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Al Hadi, K. (2019). Pengembangan Profesionalissme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1-5.

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. JP2SD, 59-65.

Asmara, R. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Berstandar LKIR LIPI Bagi Guru dan Siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang. Jurnal Widya Laksana, 98-110.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 106-124.

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru melalui Pelatihan Karya Ilmiah di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 105-114.

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 1-8.

Dwijayanti, R. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-Guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 249-266.

Fauzi, I. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk Ptk Bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 37-48.

Hayuhantika, D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru SMPN 3 Ngunut. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 13-17.

Herowati, R. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SMA Untuk Meningkatkan Kualitas Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 85-90.

Mansyur, U. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 273-278.

Masruri, A. (2021). Efektivitas Penilaian Karakter Siswa Pada Pembelajaran Online di Madrasah Aliyah Jam’iyyah Islamiyyah Kota Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 351-366.

Muhali, M. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 28-36.

Nasution, L. M. (2017). Statistika Deskriptif. Jurnal Hikmah, 49-55.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 97-114.

Nur, H. M. (2023). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 12-16.

Oktaviani, L. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru Sdn 4 Mesuji Timur Melalui Program T2Kt. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 333-345.

Pahar, K. d. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi, 71-78.

Republik Indonesia, P. (2005). Undang-Undang Guru dan Dosen. Retrieved from https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf

Sadikin, A. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 1-7.

Sahudra, T. M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 47-53.

Sahudra, T. M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 47-53.

Santun Naga, D. (2012). Teori Sekor Pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT Nagarani Citrayasa.

Sri Mujiwati, E. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. ABDINUS, 53-68.

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 44.

Sukendra, I. K. (2022). PKM SMA Negeri 8 Denpasar Dalam Meningkatkan Kapasitas Penulisan Karya Ilmiah SDM Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 17-25.

Sumartini, S. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Jurnal Puruhita, 54-59.

Susantini, E. (2015). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru Pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal ABDI, 1-8.

Zubaidah, N. (2015). 800.000 Guru Terancam Tak Naik Pangkat. Jakarta: Indonesia.

Published
2023-12-13
How to Cite
Munali, Pariza, F., & Masruri, A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU MADRASAH ALIYAH JAM’IYYAH ISLAMIYYAH DI KOTA TANGERANG SELATAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 492-501. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.232