PERBANDINGAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR GEDUNG TOWER A APARTEMEN MENTENG SQUARE DI JAKARTA PUSAT BERDASARKAN PERGUB PROVINSI DKI JAKARTA DAN AKUMULASI MAKSIMUM PARKIR

  • Maha Putri Handayani AS Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti
  • Hardi Wijaya Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti
  • Elviyanti Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti
  • Tio Hardian Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti
Keywords: Apartemen,, Karakteristik Parkir,, Pengelolaan Parkir.

Abstract

Kompleks Apartemen Menteng Square adalah fasilitas hunian berkonsep one stop living terdiri dari tiga gedung yang terletak di Jakarta Pusat. Ketersediaan fasilitas parkir merupakan salah satu aspek penunjang kelancaran aktivitas di kompleks apartemen, khususnya di gedung Tower A yang memiliki 521 unit dengan kapasitas parkir 150 SRP untuk kendaraan roda 2 dan 78 SRP untuk kendaraan roda 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja parkir dan menganalisa kebutuhan parkir di gedung Tower A Apartemen Menteng Square, serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi penggunaan fasilitas parkir yang tersedia. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mendapatkan data jumlah kendaraan yang keluar masuk serta lamanya durasi parkir kendaraan. Data diolah dan dianalisis untuk mengetahui karakteristik parkir menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif.

References

Adi, U. P. S., Erwan, K., & Widodo, S. (2016). Analisis Kebutuhan Penyediaan Ruang Parkir Akibat Beroperasinya Rumah Sakit Kharitas Bhakti di Jalan Siam Kota Pontianak. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 3(3).
Budiati, A., & Imamah, N. (2014). Kajian Standarisasi Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP) Untuk Apartemen di Surabaya. Jurnal Spectra, 12(24), 13-23.
Departemen Perhubungan. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Kurniawan, Sony. (2014). Karakteristik Parkir. Skripsi, Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Manuha, Fathurrozaq. (2017). Analisis Kebutuhan Parkir Hotel dan Apartemen: Studi Kasus Cityland Hotel dan Apartemen Semarang, Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing.
Pradana, M. F., Bethary, R. T., & Amir, A. L. (2018). Analisis Pengaturan Pola Parkir Dan
Kebutuhan Parkir (Studi Kasus Stasiun Tangerang). Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 7(2).
Provinsi Daerah Khusus Ibukota jakarta. (2009). Peraturan Gubernur No 27 Tahun 2009 tentang Pembangunan Rumah Susun Sederhana. Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.Jakarta.
Sartika, D., Kriswardhana, W., & Suyoso, H. (2020). Evaluasi dan Manajemen Parkir Kawasan Tanrise City Jember. Jurnal Teknik Sipil: Rancang Bangun, 6(1), 22-28.
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Yamali, F. R., & Amalia, K. R. (2020). Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Kendaraan Pada Hotel Swiss-Bell di Kota Jambi. Jurnal Talenta Sipil, 3(2), 71-81.
Published
2023-12-11
How to Cite
Maha Putri Handayani AS, Hardi Wijaya, Elviyanti, & Tio Hardian. (2023). PERBANDINGAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR GEDUNG TOWER A APARTEMEN MENTENG SQUARE DI JAKARTA PUSAT BERDASARKAN PERGUB PROVINSI DKI JAKARTA DAN AKUMULASI MAKSIMUM PARKIR. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 482-491. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.228