MENENTUKAN LINGKUNGAN UMUM YANG IDEAL UNTUK PROSES PEMBELAJARAN

  • Herdi Ardiansyah Universitas Pamulang
  • Maura Billaily Unssa Universitas Pamulang
  • Zidni Afif Universitas Pamulang
Keywords: Lingkungan Umum, Ideal, Proses Pembelajaran

Abstract

Di era modernisasi seperti sekarang lingkungan tempat belajar perlu memiliki kenyaman agar mahasiswa dapat memaksimalkan pembelajarannya tersebut. Dalam hal ini berkaitan dengan ergonomi lingkungan. dengan demikian pembahasan ini akan membahas lingkungan kerja fisik yang ideal, dengan menentukan suhu ruangan yang ideal, tingkat kebisingan yang tidak mengganggu, pencahayaan yang ideal. Yang bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran.dengan cara melakukan ujicoba kepada mahasiswa yang sedang melakukan praktikum , yang dimana mahasiswa ditempatkan dalam 1 ruangan dengan pekerjaan yang sama namun dengan 3 kombinasi suhu, pencahayaan, dan tingkat kebisingan yang berbeda. Menentukan perangkingan dan mencari nilai rata-rata.Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitian dan penghitungan diperoleh dari perhitungan rata-rata kebisingan pada ruangan pembelajaran yang diukur diperoleh angka 80,168 dBA. Pada pengukuran cahaya didapatkan 4 buah lampu dengan daya lampu masing masing 15 watt. Kenyaman pada termal harus terpenuhi agar mahasiswa yang melakukan pembelajaran bisa lebih produktif dan nyaman. Dimana kesesuain suhu berperan sangat penting dalam upaya meningkatkan produktifitas mahasiswa, jika suhu di ruangan berada pada suhu yang tepat maka nantinya akan membuat kenyamanan tersendiri bagi para mahasiswa yang melakukan pembelajaran dan mendapatkan kenyamanan. Pencahayaan dalam ruangan belajar mahasiswa juga menjadi factor penting, tingkat pencahayaan yang kurang atau berlebihan akan mempengaruhi kadaan fisik mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran.

References

Kuswana, W.S. 2014. Ergonomi dan K3 Kesehatan Keselamatan Kerja. PT Remaja Rosdakarya, (international ergonomics association, 2023) (international ergonomics association, 2023)
international ergonomics association. (2023). What Is Ergonomics (HFE). International ergonomics associati on.
syahreen nurmutia, a. c. (n.d.). modul praktikum ergonomi industri. tanggerang selatan: unpam prees.
Tonni Limbong, j. s. (2020). Menentukan Matakuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian), 7.
Kuswana, Sunaryo, Wowo. 2017. Ergonomi dan K3 Kesehatan Keselamatan Kerja,Bandung.
Published
2023-12-25
How to Cite
Herdi Ardiansyah, Maura Billaily Unssa, & Zidni Afif. (2023). MENENTUKAN LINGKUNGAN UMUM YANG IDEAL UNTUK PROSES PEMBELAJARAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 684-690. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.226