MUTU GIZI DAN KERAGAMAN KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA STUNTING DI KECAMATAN RANAH PESISIR, KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Gusriati Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti
  • M Faizal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti
  • Cici Rahmadhani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti
  • Sarli Yaleri Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti
  • Sintia Efrinelti Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti
Keywords: pola pangan,, stunting,, jam kerja efektif,, pengetahuan gizi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi rumah tangga stunting dan menganalisis pola konsumsi pangan rumah tangga stunting di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2023. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitaf dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian sebagai berikut: untuk umur ibu rata-rata 33,91%, umur ayah rata-rata 35,8%, pendidikan ayah rata-rata SMP, pendidikan ibu rata-rata SMP, jumlah anggota keluarga rata-rata ≤4 orang, pendapatan rumah tangga rata-rata Rp2.500.000 - Rp3.000.000 perbulan, untuk pengetahuan gizi dengan skor 251 (kategori baik), kondisi rumah permanen sebanyak 30 RT, sumber penerangan rata-rata PLN, dan yang memiliki kendaraan sebanyak 35RT.Pola Konsumsi pangan pada rumah tangga stunting memiliki skor PPH 81,00%. Faktor yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap skor PPH rumah tangga stunting adalah pendapatan rumah tangga, dan yang berpengaruh tidak signifikan yaitu pendidikan ibu, pendidikan ayah, jam kerja efektif, jumlah anggota keluarga, pengetahuan gizi, dan ibu bekerja/tidak.

References

Alfiati, S. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(1), 76-83.
Ansori, M. (2021). Analisis Pola Konsumsi Pangan Penduduk Kabupaten Lebak. Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas, 2(2), 38-50.
Argandi, S., Trimo, L dan Noor, TI. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Pangan Harapan (PPH) Di Kabupaten Bandung. Junal Agribisnis Terpadu Vol 11 (2)
Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian. 2015. Pedoman Database Ketahanan Pangan. Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian. Jakarta.
Dewi, Ika Saputri. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Nelayan (Studi Kasus: Desa Bagan Dalam, Kecamatan Tanjung Tiram, KabupatenBatu Bara). (Skripsi). Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Medan.
Djauhari A dan Friyanto. 1993. Ciri-Ciri Rumah Tangga Defisit Energi di Pedesaan Jawa Tengah. Forum Agro Ekonomi Vol 2 (2)
Hamid, Y., B. Setiawan dan Suhartini. 2013. Analisis Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga (Studi Kasus Di Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Agrise Volume XIII No. 3.
Hanani, N., R. Asmara dan Y., Nugroho. 2008. Analisis Diversifikasi Konsumsi Pangan Dalam Memantapkan Ketahanan Pangan Mayarakat Pedesaan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 21 No. 3
Lastinawati, E. 2010. Diversifikasi Pangan dalam Mencapai Ketahanan Pangan. Agronobis. Vol 2 (11)
Saputri, R., Lestari, L. A., & Susilo, J. (2016). Pola konsumsi pangan dan tingkat ketahanan pangan rumah tangga di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 12(3), 123-130.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suyastiri, Ni Made. 2008. Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Berbasis Potensi Lokal dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Pedesaan di Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 13 (1)
Wahyuni, Siti dan Teuku Fauzi. 2016. Ketahanan Pangan: Suatu Analisis Kecukupan Energi Dan Protein Terhadap Kebutuhan Rumah Tangga Petani di Kabupaten Gayo Lues. Prosiding Seminar Nasional Biotik Vol 4 (1)
Published
2023-12-04
How to Cite
Gusriati, M Faizal, Cici Rahmadhani, Sarli Yaleri, & Sintia Efrinelti. (2023). MUTU GIZI DAN KERAGAMAN KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA STUNTING DI KECAMATAN RANAH PESISIR, KABUPATEN PESISIR SELATAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 393-403. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.225