EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN SOSIAL WANITA THERAVADA INDONESIA JAWA TENGAH

  • Sukhitta Dewi STAB Syailendra Semarang
Keywords: Evaluasi, Program, Pendidikan Sosial, Wandani.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan social Wanita Theravada Indonesia (Wandani) Provinsi Jawa Tengah. Pendidikan social disini merupakan usaha membimbing dan mengembangkan potensi anggota Wandani secara sadar dan sistematis agar anggota Wandani dapat membiasakan diri dalam mengembangkan dan mengamalkan perilaku social dengan baik dengan didukung dengan ajaran Buddha. Pendidikan social disini terkait dengan kegiatan sucita dana, samajivita, sentuhan kasih Wandani, dan bagi rupang Buddha. Penelitian ini merupakan kualitatif evaluative. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data didapat dari pengurus daerah, cabang dan anggota Wandani yang tersebar di beberapa daerah di Jawa Tengah. Hasil analisis menunjukkan pengelolaan program pendidikan social di Provinsi Jawa Tengah sudah mencapai sebagian dari obyektifnya dengan adanya penerapan tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan sosial.

References

Anisaturrahmi, A. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Non Formal pada Rumoh Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2).

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.

Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 1-23.

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), 37-53.

Hasibuan, M. S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Retnawati, H., & Mulyatiningsih, E. (2013). Evaluasi program pendidikan. Universitas Terbuka.

Rosana, E. (2011). Modernisasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Tapis, 7(1), 64-92.

Poerwaarminta, W. J. S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: RajaGrafindo Persada.

Published
2023-10-30
How to Cite
Dewi, S. (2023). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN SOSIAL WANITA THERAVADA INDONESIA JAWA TENGAH. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 305-315. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.211